in

Berkenalan dengan William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia

William Tanuwijaya, Ia dikenal sebagai Pendiri Tokopedia sebuah situs marketplace terbesar di Indonesia bersama Leontinus Alpha Edison. Ia melalui banyak perjuangan berat bersama rekannya dalam membangun tokopedia hingga menjadi besar seperti sekarang.

Tak ada yang menyangka bahwa jauh sebelum ia sukses mendirikan Tokopedia, William bekerja sebagai penjaga warnet. Berikut kisah inspiratif bagaimana perjuangan William Tanuwijaya sebagai Pendiri Tokopedia.

Menjadi Penjaga Warnet

Dari Biografiku selama kuliah di kampus, alumni Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta ini rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua di kampusnya, ia kemudian bekerja di Warnet dari jam 9 Malam hingga jam 9 pagi.

Setelah lulus dari kampusnya yaitu BINUS, ia kemudian bekerja di kantoran yang bergerak dibidang pengembangan software komputer.

Namun lama kelamaan mulai terbesit ide dipikiran William Tauwijaya untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dimana mimpinya adalah mempunyai perusahaan Internet sendiri.

Pria yang lahir di Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981 tersebut menemukan ide ketika ia menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli.

Baca Juga  Ini Fakta Bisnis Unicorn yang Menjadi Perbincangan Publik

Pada tahun 2007 ia mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli diseluruh Indonesia dengan biaya gratis.

William Tanuwijaya kemudian mendatangi satu persatu orang yang ia kenal untuk memodali idenya tersebut. Dari bos di tempat kerjanya hingga kenalan teman-teman bosnya.

Ia kemudian mulai menceritakan mengenai Tokopedia, sebuah pasar online atau e-commerce tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia.

Dua tahun kemudian usahanya membuahkan hasil, tepatnya pada tanggal 6 Februari 2009. Tokopedia milik William Tanuwijaya resmi berdiri dan pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2009.

Tokopedia terus menerus mendapatkan pendanaan dari tahun ke tahun dari para investor mengingat perkembangannya sangat baik, seperti , East Ventures tahun 2010, CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan Softbank pada tahun 2013.

Tokopedia buatan William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison terus menerus berkembang, bahkan pada akhir tahun 2014, Tokopedia mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet.

Baca Juga  Masuk dalam Kabinet Kerja Jilid 2, Inilah Profil Nadiem Makarim si Pendiri GoJek

Sebagai pendiri startup Tokopedia Kekayaan Wililiam Tanuwijaya ditaksir sebesar 130 juta Dollar AS atau sekitar 1.8 triliun rupiah. William Tanuwijaya menempati poisis 148 dalam daftar orang terkaya di Indonesia menurut majalah Globe Asia.

Tinggalkan Balasan

menyuruh bawahan lebih tua

4 Tips Hilangkan Canggung dengan Bawahan yang Lebih Tua

investasi rumah kontrakan

5 Keuntungan Memiliki Investasi Rumah Kontrakan