in

Berkenalan dengan Eka Tjipta Widjaja pendiri Perusahaan Grup Sinar Mas

Sebelum sukses menjadi seorang pengusaha terkaya, ia pernah berjualan permen. Eka Tjipta Widjaja dikenal sebagai pendiri perusahaan grup Sinar Mas. Perusahaan ini bergerak di berbagai sektor, mulai dari Agribisnis, Keuangan, Makanan, Infrastruktur, Telekomunikasi, dan Energi hingga Kesehatan dan Pendidikan.

Sejarah Sinar Mas tidak terlepas dari kisah jatuh bangun Eka Tjipita Widjaja dalam membangun bisnisnya tersebut. Ia lahir dari keluarga amat miskin. Merantau dari China ke Makassar pada tahun 1932 dengan bekal 150 dollar hasil berhutang ke rentenir.

Pria yang lahir di  Quanzhou, China, 3 Oktober 1921 ini sejak kecil ia terpaksa berhenti sekolah demi membayar utang keluarga. Mulai dari berjualan permen, biskuit, berjualan kopi hingga berjualan kopra dilakoninya. Ketika usahannya sedang tumbuh ia diuji ketika dagangannya dijarah oleh pemberontak Permesta. Ia bangkut. Tak lama kemudian ia bangkit kembali.

Walaupun hanya lulusan SD tak menyurutkan niatnya untuk usaha. Ia kembali berjualan permen hingga gula. Hasil berjualan ia kumpulkan untuk modal membuka usaha baru.

Baca Juga  Kenalan dengan Bill Lipschutz, Pendiri Hathersage Capital Management

Berawal dari kelapa sawit

Dari Biografiku.com, Eka Tjipta Widjaja kemudian membeli perkebunan kelapa sawit di Riau dan mendirikan perusahaan Sinar Mas. Dari sinilah usahanya terus berkembang.

Ia membeli sebidang perkebunan kelapa sawit dengan luas lahan 10 ribu hektar yang berlokasi di Riau. Tak tanggung-tanggung, dia juga membeli mesin dan pabrik yang bisa memuat hingga 60 ribu ton kelapa sawit.

Bisnis yang dia bangun berkembang sangat pesat dan dia memutuskan untuk menambah bisnisnya. Pada tahun 1981 membeli perkebunan sekaligus pabrik teh dengan luas mencapai 1000 hektar dan pabriknya mempunyai kapasitas 20 ribu ton teh.

Ia memperluas usahanya ke sektor perbankan, kertas, hingga properti melalui bendera Sinarmas Grup. Kini grup Sinarmas dikenal sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia dengan usaha yang menggurita di berbagai sektor.

Eka Tjipta Widjaja, pendiri perusahaan grup sinar mas sendiri kini dikenal sebagai salah satu pengusaha terkaya di Indonesia. Setiap tahun, ia langganan masuk dalam jajaran daftar orang terkaya di Indonesia. Pada tahun 2018, Majalah Globe Asia menaksir kekayaan Eka Tjipta Widjaja sekitar 195.7 triliun Rupiah. Eka Tjipta Widjaja wafat pada usia 98 tahun, pada tanggal 26 Januari 2019

Baca Juga  Berkenalan dengan William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia

Tinggalkan Balasan

Marketplace Reksadana

Trik Jitu Investasi Melawan Resesi Ekonomi Part 2

hemat membangun rumah

Tips Hemat Membangun Rumah Baru (Part 2)