in

Perjalanan Karir dan Bisnis Elon Musk

Perjalanan Karir dan Bisnis Elon Musk

Pernahkah Anda mendengar nama Elon Musk? Jika kurang familiar dengan nama tersebut, mungkin Anda pernah mendengar Tesla Motors? produsen mobil elektrik dunia yang mampu menggeser raksasa General Motors menjadi perusahaan kendaraan paling bernilai di Amerika Serikat.

Ya, Elon Musk adalah kepala arsitek produk Tesla Motors. Dia juga menjadi tokoh besar dibalik sistem pembayaran internasional tersebut, yang mana beliau merupakan pendiri dari PayPal. Elon Musk meniti karir dan bisnisnya secara perlahan namun pasti.

Elon berfokus pada bidang-bidang yang dikuasainya, seperti teknologi, fisika, dan ekonomi dengan tetap bertujuan pada ketertarikan yang dimilikinya. Berikut adalah perjalanan karir dan bisnis Elon Musk:

1. Blastar, Penemuan Komersil Pertama

Perjalanan karir dan bisnis bermula sejak Elon Musk kecil. Pada usia 10 tahun, Elon mulai tertarik dengan teknik komputer dan belajar secara otodidak. Elon kemudian mempelajari tentang teknologi pemrograman dan akhirnya pada usia 12 tahun dia berhasil membuat kode komputer untuk game yang diberi nama Blastar. Penemuan ini kemudian dijualnya ke sebuah majalah komputer dan Elon mendapatkan $500 dari penjualan tersebut.

Baca Juga  Masuk dalam Kabinet Kerja Jilid 2, Inilah Profil Nadiem Makarim si Pendiri GoJek

2. Zip2, Perusahaan Pertama yang Didirikan

Perusahaan pertama yang didirikan oleh Elon Muks adalah Zip2, perusahaan yang bergerak di bidang perangkat lunak web. Bersama adiknya, Kimbal Elon menyasar industri penerbitan surat kabar dalam mengusung panduan kota berbasis internet. Perusahaan ini sukses menggandeng surat kabar ternama yaitu New York Times dan Chicago Tribune. Pada tahun 1999, Zip2 kemudian diakuisisi oleh Compaq dan Elon menerima 7% dari penjualan yang senilai dengan $ 22 juta.

3. X.com, Cikal Bakal PayPal

Berbekal dari hasil penjualan Zip2, Elon kemudian mendirikan perusahaan layanan keuangan berbasis jaringan internet yang diberi nama X.com. Perusahaan ini didirikan pada Maret 1999 dan mulai meluncurkan layanan rekening dan kartu tunai internet mulai Desember 1999.

X.com kemudian mengakuisisi Confinity, perusahaan yang berfokus pada layanan transfer uang dengan program bernama PayPal.

Oktober 2000, Elon memfokuskan perusahaannya hanya dengan layanan transfer uang dan mengganti nama perusahaan menjadi PayPal. PayPal kemudian berkembang pesat hingga taraf internasional, dimana pada tahun 2001 digunakan oleh eBay sebagai sistem pembayaran.

Baca Juga  Orang Terkaya Ke-10 RI Tutup Usia, Berikut Kisah Achmad Hamami

Perusahaan ini kemudian menjadi perusahaan terbuka yang diperdagangkan secara publik, lalu diakuisisi oleh eBay pada 2002. Elon sendiri memiliki saham sebesar 11,5% yang senilai dengan $ 165 juta.

4. SpaceX

Elon kemudian mendirikan perusahaan yang berfokus di bidang pengembangan teknologi antariksa dan ruang angkasa setelah melepas PayPay kepada eBay. Perusahaan yang bernama Space Exploration Technologies, yang dikenal dengan SpaceX, ini didirikan pada Juni 2002 dimana Elon masih menjabat sebagai CEO hingga sekarang.

5. Tesla, SolarCity, dan Hyperloop

Tesla Motors didirikan oleh Elon yang kemudian menciptakan Tesla Roadster, mobil listrik pertama di dunia yang terjual hingga 2.500 unit di 31 negara. Elon juga mengusung produksi mobil subkompak dengan biaya produksi rendah dan menjual komponen powerstrain kepada produsen mobil lainnya agar mereka bisa memproduksi mobil listrik dengan harga terjangkau.

Itulah sekilas perjalanan karir dan bisnis Elon Musk, banyak sekali kontribusi untuk kemajuan dunia dan umat manusia secara keseluruhan.

IHSG Bergerak fluktuatif

IHSG Bergerak Fluktuatif Karena Lockdown Longgar

REVIEW BROKER: Rifan Financindo Berjangka

Prosedur Pembukaan Akun Rifan Financindo Berjangka