in

Pemula, Wajib Tahu Keuntungan dan Risiko Bermain Saham IPO !

candlestick chart

Banyak orang tergiur untuk terlibat dalam instrumen investasi saham IPO. Pasalnya kenaikan harga sahamnya umumnya sangatlah besar. Akan tetapi, Anda harus memahami dengan benar-benar mengenai saham IPO, apalagi bila masih tergolong newbie (pemula). Kali ini, kita akan membahas mengenai keuntungan dan risiko bermain saham IPO yang kami ringkas dari Bisnis.com.

Keuntungan dan risiko bermain saham IPO

Membeli saham IPO bisa jadi langkah awal untuk mengembangkan dana kita, memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Sebab saham IPO biasa dijual pada saat kondisi pasar sedang bullish (mengalami tren naik). Tapi, sebelum itu, pahami lebih dulu lebih dan kurangnya membeli saham IPO berikut ini agar tak salah dalam melangkah.

Baca juga: Saham IPO Enaknya Short-Trading atau Long Term Investasi ya?

Keuntungan bermain saham IPO

1. Saham IPO mempunyai sifat longgar karena harga sudah ada patokan. Dalam bermain saham IPO, pelaku pasar saham yang harus tahu sendiri beli di harga berapa.

2. Kemungkinan memperoleh keuntungan saham IPO tinggi karena ditawarkan pada saat kondisi bullish. Demikian berarti kemungkinan harga akan tinggi pada saat pembukaan.

Baca Juga  8 Faktor yang Mempengaruhi Investasi

3. Ketika berada di bursa efek, pelaku pasar saham harus memahami betul analisis dan strategi apa yang akan diterapkan. Hal ini berbeda dengan saham IPO, analisis bisa dilakukan sebatas kisaran animo pasar saja.

4. Kelonggaran masa pembelian juga bisa jadi kelebihan lainnya, berbeda dengan saham di bursa efek. Pemain atau pembeli sendiri yang akan menentukan tanggalnya.

Risiko Membeli Saham IPO

1. Pelaku pasar saham tidak bisa menentukan sendiri jumlah lot yang ingin dibeli. Lot atau jatah pembelian saham IPO sudah ditentukan. Sebagai ilustrasi, si A membeli 100 lot saham IPO, tetapi ternyata hanya mendapatkan 1 lot. Ini adalah hal biasa sebab jumlah lot ditentukan penerbit, bukan pembeli.

2. Tidak bisa langsung refund ketika hendak megambil keuntungan. Ada rentang seminggu sebelum withdrawal (penarikan dana). Artinya, harus rela menunggu lebih kurang sepekan sebelum waktu refund

Baca juga: Deretan Emiten dengan Nilai IPO Luar Biasa di Dunia (Part 2)

Nah, kini Anda sudah tahu mengenai kelebihan dan risiko membeli saham IPO. Untuk selanjutnya pasti mulai memikirkan harus membeli saham IPO yang mana? Jawabannya sama dengan yang ada pada kelebihan saham IPO itu sendiri. Peminat tak perlu menganalisis. Cukup mengetahui mana saham yang sedang diminati.

Baca Juga  Mengenal Trading Yoyo dan Cara Menghindarinya

Meskipun demikian, ada kemungkinan keuntungan sebesar 10-30% pada hari pertama pembukaan perdagangan. Saham IPO juga berpotensi dorman atau menjadi saham tidur. Hal ini biasa dikenal dengan istilah saham IPO “bodong”. Ketahui lebih lanjut tentang hal tersebut, terlebih bila masih menjadi trader pemula.

Ditulis Oleh Alif Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *