in

Istilah Saham Yang Wajib Diketahui Pemula (Part 1)

Istilah dalam trading saham

Bagi trader pemula, pasti ada banyak sekali istilah saham yang tak bisa dipahami. Hal ini dapat membuat Anda salah memahami suatu berita penting ataupun melakukan keputusan keliru karenanya. Berikut ini adalah istilah saham yang paling penting, dan wajib diketahui oleh setiap investor maupun trader saham Indonesia.

Istilah dalam Trading Saham

1. Auto Rejection

Auto Rejection merupakan batasan pergerakan harga harian bagi setiap saham di Bursa Efek Indonesia. Batasan kenaikan harga tertinggi (Auto Rejection Atas/ARA) dan penurunan harga terendah (Auto Rejection Bawah/ARB) berupa persentase yang telah ditentukan sesuai dengan fraksi harga sahamnya, sehingga harga saham tidak akan terlalu jatuh atau terbang tinggi dalam satu hari saja. Penjelasan istilah saham ini selengkapnya: Apa itu ARA dan ARB di Bursa Efek Indonesia?

 

2. Bandarmologi

Bandarmologi merupakan teknik analisa saham yang didasarkan pada anggapan adanya pihak-pihak tertentu (pemain besar yang disebut “Bandar”) yang dapat mengendalikan pergerakan harga. Telaah bandarmologi biasanya melibatkan analisa volume bid dan offer yang membentuk harga suatu saham.

Baca Juga  10 Cara Untuk Memenangkan Trading Forex

 

3. Beta Saham

Merupakan angka yang mewakili sensitivitas harga suatu saham terhadap perubahan IHSG.

  • Angka Beta kurang dari 1, berarti saham tidak sensitif pada risiko pasar.
  • Angka Beta lebih dari 1, berarti saham sangat sensitif pada volatilitas pasar.
  • Angka Beta di bawah nol (0), berarti pergerakan harga saham berbanding terbalik dengan IHSG.

4. Blue Chip

Julukan untuk saham-saham dengan kapitalisasi pasar sangat tinggi, membukukan kinerja keuangan relatif bagus secara terus menerus dibanding saham lain dalam industri yang sama, dan memberikan dividen dengan besaran di atas rata-rata dividen saham lain di Bursa Efek Indonesia. Sering juga disebut saham lapis satu. Contoh: UNVR, GGRM, TLKM, BBCA, ICBP, BBNI, BBRI.

5. Buyback

Aksi korporasi emiten yang membeli kembali sahamnya yang sudah beredar di publik. Penjelasan istilah saham ini selengkapnya: Apa itu Buyback Saham dan Apa Implikasinya?

6. Capital Gain

Keuntungan dari selisih antara harga jual dan harga beli suatu saham.

 

7. Cum Date

Merupakan kependekan dari “Cumulative Date”. Apabila seseorang telah memiliki atau membeli suatu saham pada tanggal Cum Date pembagian dividen, maka ia berhak memperoleh dividen.

Baca Juga  OJK Siap Perangi Praktik Penggorengan Saham

 

Tinggalkan Balasan

Bisakah Metode Trading Sederhana Mendapatkan Banyak Keuntungan?

Istilah dalam trading saham

Istilah Saham Yang Wajib Diketahui Pemula (Part 2)