in

Moving Average sebagai Indikator dalam Trading Saham

Moving Average sebagai Indikator dalam Trading Saham
Gambaran pasar saham (C) SHUTTERSTOCK

Sebelum terjun ke dunia trading saham, Anda sebaiknya mengenal dan memahami pengertian Moving Average (atau biasa disingkat MA). Sebab, Anda bisa menggunakannya pula sebagai indikator dalam trading saham.

Banyak yang bertanya-tanya mengenai pengertian Moving Average (atau dalam Bahasa Indonesia artinya rata-rata pergerakan). Moving Average (MA) adalah garis yang didapat dari perhitungan harga sebelum hari ini. Garis inilah yang menghitung pergerakan harga rata-rata dari suatu saham dalam suatu rentang waktu tertentu.

Rentang waktu tertentu yang dipakai dalam MA ini antara lain rentang lima hari (satu pekan), 20 hari (satu bulan), 60 hari (tiga bulan), atau 120 hari (enam bulan). Artinya, yang dimaksud MA 5 adalah pergerakan harga dalam lima hari ke belakang, MA 20 artinya pergerakan harga dalam 20 hari ke belakang, dan seterusnya.

Moving Average adalah Cara Terbaik Mengonfirmasi Tren

Jika Anda bertanya-tanya apa saja fungsi dari MA, maka jawabannya banyak. Salah satu fungsi utama dan paling penting adalah sebagai salah satu cara terbaik untuk mengonfirmasi tren. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan MA untuk mengukur momentum, dan menentukan support area dan resistance.

Baca Juga  Istilah Saham Yang Wajib Diketahui Pemula (Part 1)

Yang terpenting untuk dipahami dari fungsi MA ini adalah objek indikatornya. Anda cuma bisa menggunakan MA sebagai indikator lagging dan bereaksi terhadap kejadian yang sudah terjadi di masa lampau. Perlu digarisbawahi, Anda tidak bisa menggunakannya sebagai indikator prediksi atau penafsiran untuk masa depan.

Trik Memilih Settingan Stochastic yang Akurat

Trik Memilih Settingan Stochastic yang Akurat

Pengertian dari Perdagangan Internasional

Pengertian dari Perdagangan Internasional