in

Berinvestasi dengan Memanfaatkan Uang THR Lebaran

Alokasi Dana THR

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan uang THR lebaran. Salah satunya, uang Tunjangan Hari Raya itu bisa Anda gunakan untuk berinvestasi.

Sebelum melakukannya, pastikan dulu seluruh kebutuhan hidup Anda sudah tercukupi, baru ‘membuang duit’ THR dengan cara berinvestasi. Tak ada salahnya menginvestasikan uang sisa/lebih yang Anda dapatkan dari THR lebaran.

Diakui atau tidak, situasi dan kondisi perekonomian dunia saat ini sedang lesu sebagai efek dari pandemi covid-19 (virus corona). Hanya saja, di momen yang sama, sejumlah instrumen investasi justru menjadi kesempatan emas untuk mendulang profit jelang lebaran.

Salah satu contohnya di pasar saham. Memang, sebagaimana sektor ekonomi lainnya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turut merasakan dampak hebat pandemi covid-19 sejak awal tahun. IHSG mengalami anjlok 28,63 persen ke level 4.496.

Memanfaatkan Uang THR Lebaran untuk Beli Saham

Secara otomatis, anjloknya IHSG membuat banyak perusahaan turut banting harga terhadap penjualan sahamnya di pasar. Banyak perusahaan dengan fundamental bagus yang memberikan diskon atas penjualan sahamnya.

Baca Juga  Peluang Usaha Jual Buah-buahan di Tengah Pendemi Covid-19

Ada saham PT Unilever Indonesia Tbk yang turun 10,71 persen sejak awal tahun menjadi Rp7.500 per lembar saham. Lihat pula saham punya PT Bank Central Asia Tbk yang turun 26,40 persen ke Rp24.600 per lembar saham. Termasuk PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang harga sahamnya menjadi Rp4.280 per lembar saham.

Sekadar untuk diketahui, nilai saham terkini tak mencerminkan kondisi fundamental perusahaan yang sesungguhnya. Anjloknya harga saham tersebut hanya merupakan salah satu dari efek terpuruknya perekonomian global.

Potensi Naiknya Harga Saham yang Dibeli Murah

Yang menarik, saham-saham perusahaan ternama yang Anda beli murah itu punya potensi besar untuk mengalami kenaikan harga kelak. Potensi ini yang menjadi profit tersendiri bagi para pemegang saham.

Perlu Anda catat, bagusnya fundamental perusahaan tersebut akan berpengaruh pada lama tidaknya berkutat pada keterpurukan. Semakin bagus fundamentalnya, maka perusahaan tersebut tak butuh waktu lama untuk menaikkan harga sahamnya kembali di pasar.

Beruntung, selain menjadi ‘juru selamat’ bagi perusahaan, Anda juga berkesempatan turut merasakan keuntungan yang didapatkan perusahaan tersebut ketika memegang lembaran saham yang sudah dibeli. Yang juga patut diingat, jangan jadikan investasi di pasar saham ini sebagai rencana jangan pendek dalam rancangan keuangan Anda. Sebab, saham ini bukan untuk diperdagangkan harian.

Baca Juga  Daftar Nominal THR Lebaran Tahun 2020 untuk Non-PNS
harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 13 Mei 2020

Ibu Rumah Tangga Berhak Menjadi Kaya, Ini Caranya

Inilah Rumus Menghitung Uang THR Lebaran