in

Saham TLKM, Salah Satu Blue Chip Terbaik di Indonesia

Saham TLKM, Salah Satu Blue Chip Terbaik di Indonesia

Saham TLKM merupakan salah satu jenis saham blue chip terbaik di Indonesia. Saham milik PT Telkom ini sangat direkomendasikan untuk investor pemula.

TLKM tergolong saham blue chip karena dikenal punya potensi memberikan keuntungan berupa dividen yang dapat diandalkan pemiliknya. Sebab, saham jenis ini nilainya stabil dan risikonya cenderung kecil. Saham perusahaan ini sudah jelas mumpuni di bursa, dan terbukti punya rekam jejak konsisten dalam rentang waktu panjang.

Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar, seluruh masyarakat tentu mengenalnya melalui aneka produk telekomunikasinya.

Indikator Saham TLKM Disebut Lebih Baik Ketimbang Saham Lainnya

1. Keunggulan Jaringan

Telkom memiliki keunggulan di bidang jaringan yang terbilang luas, sampai ke pelosok. Jumlah pelanggannya pun terbesar, tanpa bisa disaingi oleh operator telekomunikasi lainnya.

Statusnya sebagai BUMN juga turut berpengaruh, menjadi keunggulan ketimbang operator telekomunikasi lainnya. Karena berstatus BUMN, maka dukungan modalnya pun sangat kuat, sebagai salah satu syarat penting untuk bersaing.

Baca Juga  Saham UNVR, Salah Satu Blue Chip Terbaik di Indonesia

Telkom juga memiliki aneka produk yang lengkap. Sebut saja prabayar pascabayar, Indihome, internet, dan lain-lain. Semua itu yang menjadi daya tarik perusahaan ini di mata pelanggan.

2. Rajin Bagi-bagi Dividen

Telkom terkenal rajin membagi dividen kepada para pemegang saham. Pembagian ini biasanya dilakukan setiap tahun. Dalam catatan, pada tahun 2018, pemilik saham TLKM disebut-sebut mendapatkan Rp16.2 triliun (90% profit). Catatan lainnya menyebutkan, dividend payout Telkom meningkat dari 40% ke 90% profit dalam 10 tahun terakhir.

Perusahaan yang membagi dividen secara konsisten adalah perusahaan yang dinilai punya kinerja bagus. Tak mungkin sebuah perusahaan ringan tangan membagi dividennya jika tak punya kinerja bagus. Tentu perusahaan tersebut kemungkinan besar memilih menahan laba untuk memperbaiki kinerja ketimbang membagikan dividen.

3. Profit Margin Lebih

Telkom juga mencatatkan rekor memiliki profit margin lebih besar di atas para operator lainnya sebagai pesaing. Hal ini membuat penghasilan rata-rata per konsumen menjadi paling tinggi di antara mereka. Sudah bisa dipastikan, dengan indikator ini membuat nilai saham Telkom lebih tinggi ketimnang operator lainnya dalam 10 tahun terakhir.

Baca Juga  Stock Reverse, Pengertian dan Tujuannya
Saham BBRI, Salah Satu Blue Chip Terbaik di Indonesia

Saham BBRI, Salah Satu Blue Chip Terbaik di Indonesia

Emiten RI Asean Asset Class

10 Emiten RI Ada di ASEAN Asset Class