in

Tips Cerdas Khusus Anda Para Working Moms

pendidikan keuangan anak

Seperti yang kita tahu, membagi waktu bagi seorang ibu rumah tangga bukanlah perkara yang mudah. Terlebih lagi apabila merangkap menjadi seorang wanita karier. Atau working mom. Mulai dari urusan pekerjaan yang menyita waktu dan emosi, hingga urusan rumah yang seolah tak ada habisnya. Lalu, bagaimana cara membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga bagi seorang ibu yang bekerja? Simak ulasan PikiranTrader berikut, khusus untuk anda para working moms.

1. Buatlah Jadwal

Tips yang pertama untuk anda para working moms ialah biasakan untuk selalu membuat jadwal. Jadwal disini tentunya rencana-rencana pekerjaan rumah maupun pekerjaan kantor.  Hal ini nampaknya sangat sepele, namun tanpa anda sadari, dengan membuat jadwal anda aakan lebih mudah dalam mengatur waktu. Buatlah jadwal-jadwal sederhana misalnya saja seperti jadwal untuk memasak menu makanan. Terkadang hanya urusan mau makan apa bisa cukup memusingkan kepala. Untuk itu, buatlah daftar rencana menu masakan namun dalam kurun waktu untuk satu minggu kedepan.

Baca juga: Beberapa Kesalahan Wanita dalam Mengatur Keuangannya

Baca Juga  Mau Bisnis Baru Anti “Buntung”? Simak Tips Berikut! (Part 2)

Anda bisa menyusun jadwal ini di saat sedang libur bekerja di hari Sabtu ataupun Minggu untuk seminggu ke depan. Sehingga semua bisa disiapkan sejak awal, mulai dari kebutuhan bahan makanan yang harus dibeli dan lainnya. Selain itu, akan lebih efektif dan efisien karena tidak akan menghadapi yang namanya kehabisan salah satu bahan makanan atau bumbu yang harus digunakan. Anda pun juga tidak akan berlama-lama memikirkan masakan apa yang henda dihidangkan untuk keluarga.

2. Maksimalkan ‘Gadget’ untuk Mengoptimalkan Kegiatan

Kemajuan teknologi dan informasi seperti sekarang ini membuat semua orang lebih dimudahkan dalam segala aktivitas. Salah satunya berkat kehadiran aplikasi asisten pribadi yang membuat berbagai kegiatan lebih terorganisir. Beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan contohnya saja Google Calendar, yang berfungsi sebagai pengingat serta personal assistant seperti Siri yang disematkan dalam ponsel pintar iPhone. Fungsi Google Calendar adalah meningatkan Anda setiap event yang telah dimasukkan sebelumnya, sedangkan Siri sendiri adalah Artificial Intelligence yang akan membantu Anda mulai dari menelepon rekan kerja, memesan taksi online, membuat agenda meeting dan masih banyak lagi. Dengan memaksimalkan gadget yang Anda miliki, anda pun tak akan kerepotan menyusun agenda meeting, acara keluarga, serta agenda lainnya.

Baca Juga  Berikut Tanda Bahwa Anda Adalah Orang Sukses! (Part 2)

Baca juga: Kiat Sederhana Menghemat Pengeluaran Keluarga

3. Manfaatkan Belanja via ‘Online’

Sekarang ini eranya serba teknologi. Sehingga bisa memperlancar dan memudahkan setiap kegiatan dan transaksi, tak terkecuali urusan belanja. Jika dahulu harus menyempatkan waktu untuk pergi ke pasar atau supermarket, maka sekaranng tinggal duduk manis di rumah, berbagai barang-barang belanjaan kebutuhan sehari-hari pun bisa dipenuhi dengan mudah. Caranya, dengan memanfaatkan aplikasi belanja online. Ada banyak pedagang kebutuhan sehari-hari yang menjual berbagai barang kebutuhan rumah tangga secara online. Manfaatkan kemudahan berbelanja ini, sehingga Anda tidak lagi harus punya waktu khusus untuk keluar rumah hanya untuk belanja. Baca Juga: Beli Pulsa Online, Keuntungan dan Cara Beli yang Aman

4 Siapkan ‘Outfit’ yang akan Digunakan

Menyiapkan outfit untuk bekerja sering kali menyita waktu, terlebih untuk Anda yang tergolong perfeksionis untuk urusan pakaian. Anda tentunya membutuhkan waktu lebih hanya untuk memilih dan merapihkan pakaian yang hendak dipakai. Oleh karenanya dengan menyiapkan outfit sehari sebelumnya setidaknya dapat menjadi tips yang terdengar sederhana, namun ampuh untuk meminimalisir waktu yang anda buang di pagi hari dan menyiapkan keperluan lain agar lebih fokus bekerja dan urusan rumah tangga pun masih dapat ditangani.

Baca Juga  Ciri Penipuan Forex yang Harus Dipahami Trader

Baa juga: Awas! Ini Tanda Keuangan Keluarga Sedang Tidak Sehat

Tinggalkan Balasan

tips Menghindari Kehancuran dalam Masa Resesi Ekonomi

IHSG Berada di Zona Hijau Berkat RAPBN Jokowi-Sri Mulyani

tips keuangan startup

3 Tips Keuangan Sebelum Meluncurkan Startup