in

Tips Hemat Membangun Rumah Baru

membangun rumah

Diera yang serba dimudahkan seperti saat ini, tentunya telah banyak para agen properti yang menawarkan perumahan siap huni. Meskipun demikian, tak sedikit orang yang berkeinginan untuk membangun rumahnya sendiri. Alasannya beragam, tetapi alasan terbanyak yang digunakan adalah karena mereka bisa mendesain sendiri rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan. Namun membangun rumah sendiri tentunya bukanlah sebuah perkara yang mudah dan murah. Lalu bagaiman langkah yang tepat bagi anda yang hendak membangun rumah anda sendiri? Simak beberapa tips cerdas PikiranTrader berikut.

Baca juga: Tips Mewujudkan Rumah Impian dengan Penghasilan Pas-pasan

1. Buat Perencanaan Pembangunan

Tips hemat yang pertama ialah rencanakan pembangunan rumah anda. Perencanaan ini tentunya mulai dari perencanaan dana, ukuran bangunan, hingga target waktu pembangunan. Rencana ini nantinya akan berfungsi sebagai pengontrol apabila kemungkinan terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan berlangsung. Karena jika implementasi pembangunan rumah melenceng dari rencana, tentunya akan berimbas pada biaya yang harus anda keluarkan bukan? Oleh karena itu jangan anggap remeh tahap perencanaan ini.

Baca Juga  Tips Hemat Membangun Rumah Baru (Part 2)

2. Tentukan Bentuk Bangunan

Bentuk bangunan berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan akan bahan bangunan. Rumah berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah dibangun dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan rumah berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya. Selain itu, tingkat kesulitan pada bangunan bersudut atau lengkung juga akan lebih tinggi sehingga berisiko pada bentuk bangunan yang kurang sempurna. Perlunya perombakan tentu saja membutuhkan lebih banyak waktu dan juga biaya. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya anda segera menentukan bentuk bangunan rumah anda.

Baca juga: 4 Tanda Bahwa Anda Belum Siap Memiliki Rumah Baru

3. Lakukan Riset Harga Bahan Bangunan

Harga bahan bangunan yang semakin tinggi menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan secara matang. Tak sedikit orang yang menunda pembangunan rumahnya karena harga bahan bangunan yang tak ramah kantong. Agar kebutuhan dana untuk bahan bangunan bisa diperkirakan, maka lakukanlah riset tentang harganya. Tak perlu ragu bahkan malu untuk keluar masuk toko-toko bangunan guna menanyakan harga material yang dibutuhkan, mulai dari semen, pasir, batu bata, besi, dan lain sebagainya. Pentingnya membandingkan harga tersebut karena di setiap toko tidak selalu menjual dengan harga yang sama. Dengan demikian, anda bisa memilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga  Tips Jual Mobil Bekas Agar Harga Tidak Anjlok (Part 2)

4. Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Bahan bangunan berkualitas tentunya harus mahal atau pun harus produksi luar negeri. Untuk menghemat biaya pembangunan rumah, anda bisa menggunakan bahan bangunan lokal seperti kayu, bambu, dan lainnya. Selain mudah ditemukan, jenis bahan bangunan tersebut juga relatif lebih murah bukan? Oleh karena itu jangan ragu untuk menggunakan bahan bangunan lokal.

Baca juga: 3 Tips Membeli Rumah untuk Generasi Millennial

Tinggalkan Balasan

Mesin Pencetak Uang Bali United: Bali United Playland

Mesin Pencetak Uang Bali United: Bali United Playland

perjuangan dan kerja keras oleh Achmad Zaky dalam mendirikan Bukalapak hingga ia berhasil menuju titik sukses dan menjadi salah satu pebisnis yang disegani di Indonesia berkat Bukalapak miliknya.

Berkenalan dengan Achmad Zaky Pendiri Bukalapak