in

Tips Hemat Membangun Rumah Baru (Part 2)

hemat membangun rumah

Memiliki rumah baru yang kita bangun sendiri, tentunya menjadi impian setiap orang. Namun untuk mewujudkan hal tersebut tentunya membutuhkan perencanaan yang matang. Dalam hal ini khususnya dalam mengatur keuangan, anda harus cerdas dalam mengatur pengeluaran anda. Jika sebelumnya anda telah membaca beberapa tips untuk menghemat pengeluaran pembangunan rumah, kali ini PikiranTrader akan kembali melanjutkan pembahasan di part 2. Simak ulasannya berikut ini;

Baca  juga: Awas! Ini Resiko Berinvestasi Rumah Kontrakan

1. Gunakan Desain Tipe Minimalis

Rumah dengan desain tipe minimalis saat ini tengah menjadi tren baik untuk pengembangan perumahan rakyat maupun pembangunan rumah sendiri. Desain rumah ini dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan namun tetap terkesan modern dan mewah. Sesuai dengan desainnya yang minimalis, rumah bertipe ini hemat ruang sehingga tak banyak menghabiskan bahan bangunan. Untuk memperoleh desain rumah tipe minimalis, anda tidak perlu merogoh kocek guna menyewa jasa seorang arsitek, tetapi bisa browsing di internet sehingga bisa memperoleh desain rumah yang diinginkan secara gratis. Jadi desain minimalis ini dapat menjadi alternatif jitu anda, dalam rangka menghemat pengeluaran dalam membangun rumah anda.

Baca Juga  Tren Menabung Online, Ini 7 Aplikasinya

2. Selektif Memilih Juru Bangunan

Membangun rumah sendiri bukan berarti anda juga yang mendirikan rumah tersebut, tetapi butuh jasa juru bangunan atau tukang sebagai pelaksana pembangunan. Merekalah yang akan meracik semua bahan bangunan dan menyajikan hasil akhirnya berupa bangunan rumah yang bagus berkualitas. Mengingat pentingnya peran dari tukang ini, tak heran jika biaya untuk membayar jasanya menyita bagian yang cukup besar dalam anggaran yang disiapkan. Anda harus selektif dalam memilih tukang. Pilihlah tukang yang benar-benar ahli di bidangnya dan memiliki reputasi kerja yang baik. Hal ini penting karena baik tidaknya kinerja tukang akan mempengaruhi efisiensi proses pembangunan rumah.

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Investasi Rumah Kontrakan

3. Mulai Membangun Secara Bertahap

Untuk membangun rumah sendiri, pada dasarnya anda tak harus menunggu sampai dana mencukupi keseluruhan bagian dari pembangunan tersebut. Anda bisa memulainya secara bertahap. Mulai dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap dilakukan dan disesuaikan dengan budget yang ada. Memang hal ini bisa memakan waktu lebih lama, tetapi hal tersebut memberikan kesempatan bagi anda untuk lebih fokus pada setiap tahapnya, serta dana yang dikeluarkan pun dapat lebih teratur dan mudah dipantau. Jadi untuk hemat dalam membangun rumah baru anda, memulai membangun secara bertahap sangat direkomendasikan.

Baca Juga  5 Tips Dalam Berinvestasi Apartemen

4. Membuat Ruangan Multifungsi

Cara hemat dalam membangun rumah selanjutnya ialah membuat ruangan yang multifungsi. Rumah yang memiliki banyak ruangan cenderung memakan biaya lebih mahal, karena membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak. Untuk menghematnya, buatlah ruangan multifungsi. Misalnya ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, atau dapur yang disatupadukan dengan ruang makan. Pembuatan ruangan multifungsi ini sesuai dengan desain rumah tipe minimalis. Tidak butuh banyak ruangan, sehingga lebih hemat dalam penggunaan bahan bangunan.

Baca juga: 5 Tips Jitu Agar Rumah Kontrakan Langsung Laku

Itulah beberapa tips PikiranTrader yang patut anda coba, sebelum anda memulai untuk membangun rumah impiian anda. Semoga membantu. Ingat untuk tetap hemat dan bijak untuk mengalokasikan keuangan anda untuk membangun rumah anda.

Tinggalkan Balasan

Berkenalan dengan Eka Tjipta Widjaja pendiri Perusahaan Grup Sinar Mas

milenial siapkan 3 hal

Micro Influencers Memberikan Keuntungan Besar untuk Pemasaran Bisnis Anda, Ini Alasannya!