in

Tips Sukses ala Pendiri Tokopedia

Tips Sukses ala Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya

Hingga saat ini, Tokopedia masih duduk di peringkat pertama untuk kelas e-commerce terlaris. Namun sudah tahukah kalian bagaimana kerja keras dan perjuangan William Tanuwijaya, sang pendiri Tokopedia?

Ya, dalam artikel berjudul Berkenalan dengan William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia disebutkan bahwa kisah William dimulai dari menjadi penjaga warnet saat masih kuliah.

Dilansir dari Tunaiku saat awal usahanya memulai Tokopedia pun nggak berjalan mulus. Diremehkan orang sudah jadi menu utama sarapannya. Kesulitan mendapatkan dana juga sering terjadi. Namun, dia mampu untuk survive dan membuktikan bahwa Tokopedia bisa meraksasa seperti sekarang.

Perlu diketahui, Tokopedia buatan William Tanuwijaya dan temannya, Leontinus Alpha Edison terus menerus berkembang, bahkan pada akhir tahun 2014, Tokopedia mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet, yaitu perusahaan yang juga memodali Alibaba serta Sequoia Capital yang juga pernah memodali Google dan Apple dan Instagram.

Lalu, apa saja tips-tips sukses yang diterapkan oleh William Tanuwijaya hingga Tokopedia menjadi perusahaan yang besar seperti saat ini?

Baca Juga  Sri Mulyani: Milenial, Ikuti Tips Ini Untuk Mengatur Keuangan

1. Gali ilmu di mana saja

Nggak bisa dimungkiri kalau pemahaman luas tentang dunia internet didapatkan William dari pekerjaan menjaga warnet. Pekerjaan ini memang terkesan sepele. Namun, jika bisa memanfaatkan dengan baik, kita bisa menggali potensi di dalamnya. Nah, begitu pula dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya yang dianggap sepele.

 

2. Berani memodali sendiri

Di awal usahanya William memang mengalami kesulitan dalam hal permodalan. Untuk itu, dia memberanikan diri memulai dari modal sendiri. Dengan manajemen yang baik, akhirnya Tokopedia pun bisa berkembang pesat dan lebih mudah mendapatkan permodalan.

 

3. Jaga kepercayaan

Investor pertama di Tokopedia nggak lain dan nggak bukan adalah Bos William sendiri. Daripada bingung mencari investor ke sana-sini, memang ada baiknya memulai dari sumber daya terdekat. Untuk itu, kita memang harus dikenal baik oleh orang-orang terdekat. Sebisa mungkin kita bisa menjaga kepercayaan mereka.

 

4. Rekrut SDM yang bertanggung jawab

SDM memegang kunci utama dalam sebuah perusahaan. Sangat diperlukan SDM yang unggul, loyal, dan bertanggung jawab agar usaha yang dijalankan bisa berkembang. Jika sudah mendapatkan SDM demikian, pertahankan mereka jangan sampai berpaling ke perusahaan lain.

Baca Juga  Investor, Waspada 8 Modus Pialang Berjangka Ilegal!

 

 

Tinggalkan Balasan

Nadiem Makarim pendiri GoJek

Beragam Fakta Dibalik Hinaan Bos Big Blue Taxi Pada Indonesia

sukses

Berikut Tanda Bahwa Anda Adalah Orang Sukses! (Part 2)