in

Paspor Anda Hilang? Ini Solusinya!

solusi paspor hilang

Seperti yang kita ketahui, paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang suatu Negara, dimana paspor memuat identitas dari pemegangnya. Paspor sendiri diperlukan untuk melakukan perjalanan internasional karena harus ditunjukkan ketika memasuki perbatasan suatu Negara. Oleh karena itu paspor termasuk dokumen yang sangat penting khususnya untuk anda yang sering bepergian ke luar negeri. Sebagai dokumen yang sangat penting, maka wajib untuk anda menjaga paspor anda. Namun apa jadinya jika paspor anda hilang? Apa yang harus anda lakukan? Tenang, simak solusi PikiranTrader berikut ini.

Baca juga: Kecanduan Akut Berbelanja Online? Berikut Solusi Jitunya!

Solusi Paspor yang Hilang di Indonesia

Jika paspor Anda hilang saat Anda masih berada di Indonesia, Anda dapat mengajukan permohonan pembuatan paspor baru dengan proses yang hampir sama dengan pembuatan paspor baru atau penggantian paspor lama anda. Hanya saja prosedurnya tentu lebih panjang, mengingat harus melalui proses Berita Acara Pemeriksaaan (BAP) terlebih dahulu. Lalu bagaimana prosedurnya? Simak ulaasasn langkah-langkah berikut;

Baca Juga  Kehilangan Paspor Saat Traveling di Luar Negeri? Ini Solusinya!

1. Laporkan Kehilangan Paspor ke Pihak Kepolisian

Jika pasport anda positif hilang, entah karena faktor keteledoran anda maupun faktor lain seperti kecopetan dll, maka segera laporkan kehilangan paspor Anda ke kantor polisi terdekat. Jika memungkinkan, mintalah kepada pihak kepolisian untuk membuatkan dua salinan asli dari surat keterangan kehilangan tersebut.

2. Siapkan Berkas Penggantian Paspor

Setelah proses pelaporan selesai, langkah berikutnya ialah segera siapkan berkas-berkas untuk proses pergantian paspor anda. Apa saja itu? Berikut beberapa berkasnya:

  • Fotokopi e-KTP atau surat keterangan perekaman e-KTP dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Kartu Keluarga
  • Akta Kelahiran/Ijazah/Buku Nikah
  • Surat keterangan kehilangan paspor dari kepolisian
  • Surat keterangan dari kelurahan (Jika rusak karena banjir/bencana alam)
  • Surat keterangan domisili (bagi warga di luar area pembuatan paspor baru)
  • Fotokopi paspor lama yang hilang (jika ada)

Baca juga: Awas! Ini Tanda Keuangan Keluarga Sedang Tidak Sehat

3. Daftar Antrian Online ke Kantor Imigrasi

Jika berkas-berkas anda telah lengkap, selanjutnya daftar antrian kantor imigrasi secara online. Buka link antrian online, lalu buatlah akun baru atau login dengan akun Google. Selain itu anda dapat mendownload aplikasi Layanan Paspor Online di Google Play atau App Store. Buatlah akun baru atau buka akun lama Anda, lalu login.

Baca Juga  4 Tips Mempersiapkan Dana Darurat

Setelah berhasil login, baik melalui website ataupun aplikasi. Isi data yang diperlukan dengan lengkap seperti Nomor Induk Kependudukan, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, nomor HP, hingga Alamat Lengkap Sesuai KTP. Setelah data lengkap, pilih kantor imigrasi terdekat untuk pengurusan paspor Anda. Lalu, isi juga jumlah pemohon, tanggal dan waktu kedatangan. Ada dua pilihan Pagi (08:00 e/d 12:00) dan Siang (13:00 s/d 16:30) dan Anda akan melihat opsi pilihan kuota yang tersedia. Apabila kuota penuh, Anda tingga ganti hari dan pilih yang masih kosong yakni bertanda hijau.

Setelah semuanya proses selesai. Otomatis Anda akan mendapatkan Kode Booking (dalam bentuk serangkaian kode dan QR Code) serta informasi nomor antrian digital yang isinya informasi NIK, Nama, Tempat, Tanggal dan Waktu Anda datang ke kantor Imigrasi.

Baca juga: Bisnis Anda Stagnan? Ini Solusinya!

Tinggalkan Balasan

Merchandise Mampu Jadi Strategi Pemasaran Ampuh, Inilah Aneka Kegunaannya!

Harga saham ASII menurun

Apa Penyebab Saham Astra International (ASII) Menurun ?