in

Paspor Anda Hilang? Ini Solusinya! (Part 2)

paspor hilang

Penting untuk anda memperhatikan dan menjaga dokumen-dokumen Anda, khususnya dokumen penting seperti paspor. Ketika dokumen tersebut sampai hilang, tentunya hanya akan menambah kesibukan Anda bukan? Namun mau bagaimanapun juga, beberapa hal bukan tak mungkin terjadi sehingga paspor Anda harus hilang. Jika sebelumya anda telah menyimak beberapa solusi awal mengenai paspor yang hiang di Indonesia, kali ini PikiranTrader akan kembali membahas di part ke-2. Simak ulasannya berikut ini;

4. Datang ke Kantor Imigrasi Sesuai Jadwal

Setelah anda telah memenuhi persyaratan berkas dan telah mendaftar antrean kantor imigrasi secara online, langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor Imigrasi sesuai jadwal anda. Uahakan anda datang 15 menit sebelum jam antrian online Anda. Bawa semua berkas lengkap pengurusan penggantian paspor hilang. Berkas akan diserahkan kepada petugas untuk proses verifikasi berkas dan akan menjadwalkan pemohon BAP. Setelah berkas dicek, petugas akan memberitahu Anda kapan Anda harus datang kembali ke Kantor Imigrasi tersebut untuk menghadap ke pejabat Wasdakim (Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian) dan membuat BAP di jadwal yang ditentukan. Untuk hal ini, Anda akan perlu membuat antrian online lagi, biasanya setelah 3 hari kemudian.

Baca Juga  Memulai Bisnis Kaos? Berikut Tips Jitunya!

Baca juga: 5 Anggaran yang Wajib Anda Siapkan Sebelum Pergi Liburan

5. Proses BAP di Kantor Imigrasi

Pada hari yang telah ditentukan, datanglah kembali ke Kantor Imigrasi tempat Anda mengurus paspor Anda yang hilang, di mana Anda akan melakukan proses wawancara dengan pejabat Wasdakim. Jawablah semua pertanyaaan dengan jujur. Jika alasan Anda diterima, selanjutnya Anda akan mendapatkan hasil BAP untuk kemudian dibawa ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM. Jika alasan Anda ditolak atau tidak diterima, berarti permohonan ditunda selama 6 bulan atau paling lama 2 tahun.

Selanjutnya, dokumen BAP serta berkas lainnya Anda akan dibawa ke Kanwil Kementerian Hukum dan HAM. Di sini, berkas Anda akan diproses dan jika disetujui, Anda akan diberikan surat persetujuan untuk penggantian paspor hilang kepada Kantor Imigrasi. Setelah mendapat Surat Rekomendasi dari Kanwil maka dilaksanakan Proses awal pembuatan paspor

6. Buat Penggantian Paspor Baru

Prosedurnya sama dengan pembuatan paspor baru. Anda wajib membuat Antrian online dahulu dan datang sesuai jadwal. Jangan lupa bawa surat persetujuan dari Kanwil dan berkas kelengkapan lainnya. Nantinya, di Kantor Imigrasi setempat, Anda akan diberikan slip untuk pembayaran denda dan pembuatan paspor baru. Done! Anda bisa memiliki paspor baru, sebagai ganti paspor anda yang hilang.

Baca Juga  4 Rasa Takut Saat Trading Dan Cara Mengatasinya

Baca juga: Rincian Biaya Rumah Tangga Ala Perencana Keuangan

Nah, itulah solusi untuk anda yang tengah bingung karena kehilangan Paspor. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Sebagai informasi, jika paspor anda hilang ataupun rusak maka sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres), Nomor 28 Tahun 2019 tentang tarif pendapatan negara bukan pajak di Kemenkumham dan telah resmi berlaku sejak 1 Mei 2019 lalu, anda harus membayar denda paspor hilang sebesar Rp1 juta. Sedangkan untuk paspor yang rusak, anda dikenai denda sebesar Rp500 ribu. Namun dengan catatan, biaya denda ini diluar penggantian paspor anda. Semoga ulasan PikiranTrader kali ini dapat menjadi solusi untuk anda yang tengah resah karena kehilangan paspor.

Tinggalkan Balasan

Menjajal Produk Asuransi Digital Ala Pede (Ponsel Duit)

Menjajal Produk Asuransi Digital Ala Pede (Ponsel Duit)

Manfaatkan Fitur Peminjaman Online di Pede (Ponsel Duit)

Manfaatkan Fitur Peminjaman Online di Pede (Ponsel Duit)