in

Kehilangan Paspor Saat Traveling di Luar Negeri? Ini Solusinya!

kehilangan paspor saat traveling

Traveling memang menjadi pilihan sebagian orang sebagai kegiatana refreshing. Namun tak jarang, kegiatan traveling harus terganggu akibat hal-hal tak terduga. Misalnya saja saat kehilangan dokumen penting seperti paspor. Padahal, anda tengah berada dinegara lain. Lalu bagaimana solusinya? Jika di artikel sebelumnya PikiranTrader telah mengulas tuntas mengenai cara mengurus paspor yang hilang di Indonesia, kali ini PikiranTrader akan kembali memberikan solusi jitu khusus untuk anda yang kehilangan paspor saat traveling ke luar negeri. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini;

1. Laporkan Kehilangan Ke Pihak Berwajib Setempat

Ketika anda kehilangan paspor disaat Anda tengah berada dinegara lain, maka segera mendatangi pihak berwajib setempat. Seperti contohnya kantor kepolisian terdekat dan laporkan bahwa paspor Anda hilang. Pihak kepolisian nantinya akan memberikan Anda formulir yang harus Anda isi dan lengkapi dengan data diri Anda. Nantinya Anda juga akan diminta menuliskan kronologi kejadian hilangnya paspor Anda tersebut secara jelas.

2. Hubungi KBRI/Konsulat Jenderal RI

Selanjutnya Anda perlu menghubungi pihak Kedutaan Besar Republk Indonesia (KBRI) untuk melaporkan tentang paspor Anda yang hilang. Sebaiknya Anda menghubungi pihak Kedubes RI melalui telepon saat Anda masih berada di kantor polisi karena jika ada kesulitan, Anda bisa langsung meminta bantuan kepada pihak kepolisian. Setelah itu, Anda harus mendatangi kantor KBRI tersebut.

Baca Juga  Manual Trading VS Copy Trading Mana Yang Lebih Mudah ?

Baca juga: Paspor Anda Hilang? Ini Solusinya! (Part 2)

Di kantor KBRI, nantinya Anda akan diberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang berfungsi sebagai paspor sementara untuk menggantikan paspor Anda yang hilang. Perlu diingat bahwa SPLP ini bersifat sementara saja, serta ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi agar Anda bisa mendapatkan SPLP tersebut. Kelengkapan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SPLP sesuai aturan KBRI adalah:

  • Kartu identitas dari Indonesia, seperti KTP, Akta kelahiran/Buku Nikah, Kartu Keluarga, Surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat, Salinan atau fotokopi paspor jika ada
  • Formulir permohonan SPLP yang telah diisi lengkap dan ditandatangani
  • Pas foto ukuran paspor dengan latar belakang berwarna terang

3. Membayar biaya pembuatan SPLP.

Biaya ini bervariasi, namun di beberapa negara ditetapkan sebesar USD5 atau sekitar Rp55 ribu. Seluruh kelengkapan tersebut harus Anda bawa ke KBRI setempat untuk pengajuan SPLP. Lama prosesnya tergantung pada KBRI di masing-masing negara, bisa hanya satu hari namun juga bisa sampai beberapa minggu. Proses penerbitan SPLP bisa memakan waktu yang lama jika pemohon tidak dapat menunjukkan kartu identitas dan status kewarganegaraan.

Baca Juga  Resign Kerjaan? Lakukan Hal Ini untuk Mengamankan Keuangan Anda!

4. Segera Urus Pembuatan Paspor Baru Begitu Kembali ke Indonesia

Setelah menyelesaikan seluruh proses di atas dan SPLP sudah di tangan, kini Anda dapat kembali melanjutkan acara Anda di negara tersebut. Namun begitu Anda tiba kembali di Indonesia, jangan lupa untuk segera mengurus pembuatan paspor baru.

Baca juga: Cara Membuat Nomor Seri Faktur Pajak, Untuk Anda Pengusaha Muda

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat anda lakukan, apabila anda kehilangan paspor anda saat anda berada di luar negeri. Semoga ulasan diatas dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Bunga Deposito Bank Hingga 7,2%  Per 30 Agustus 2019

nasib gojek

Buat Pecinta Ojol, Nih Tarif Baru Ojol di Seluruh Indonesia