in

Mau Bisnis Baru Anti “Buntung”? Simak Tips Berikut!

bisnis anti buntung

Bukannya untung, tapi malah buntung! Begitulah kira-kira gambaran di dunia bisnis yang ternyata tak selalu sesuai harapan. Tak sedikit pengusaha pemula yang akhirnya memilih untuk mundur karena tidak mampu bersaing. Tidak sedikit pula yang akhirnya gulung tikar karena tidak mendapat suntikan dana yang cukup untuk mengembangkan bisnisnya. Sebagai seorang pengusaha pemula, bayang-bayang akan kegagalan akan bisnis baru harusnya dibuang jauh-jauh terlebih dahulu dan berpikirlah hal-hal positif yang bisa membuat bisnis Anda nantinya meraih sukses. Mau tau caranya? Simak beberapa tips PikiranTrader berikut ini;

1. Pahami Seluk Beluk Dunia Bisnis

Memulai sebuah bisnis baru tentu saja tidak boleh dengan tangan kosong. Artinya Anda harus memiliki ilmu bisnis paling dasar. Setidaknya untuk merancang konsep dan strategi seperti apa yang akan diambil untuk memulai perjalanan bisnis tersebut. Sebagai contoh, ingin terjun ke bisnis kuliner. Maka Anda harus tahu persis makanan seperti apa yang bisa membuat konsumen penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke restoran atau kafe Anda, dan lainnya. Ada banyak pemahaman mengenai bisnis, tidak hanya merancang konsep saja, tapi juga merancang metode pemasaran, promosi, dan manajemen kerja bisnis, serta pengelolaan keuangan. Untuk meningkatkan pemahaman di dunia bisnis, ikutilah berbagai pelatihan atau seminar yang tentunya berkaitan dengan bisnis Anda.

Baca Juga  Cara Membuat Nomor Seri Faktur Pajak, Untuk Anda Pengusaha Muda

Baca juga: Hidari 5 Pikiran Ini Jika Ingin Sukses Berbisnis!

2. Cari Ide-Ide Kreatif Sebelum Memulai Bisnis

Ada banyak jenis bisnis yang bisa Anda geluti, misalnya bisnis kuliner, pakaian, maupun jasa, dan lainnya. Namun tak jarang justru Anda sering kebingungan untuk memilih satu jenis bisnis yang paling tepat. Agar tidak salah langkah, coba luangkan waktu untuk mencari ide-ide bisnis kreatif yang sesuai dengan passion Anda. Tentu saja, ide-ide kreatif terkadang tidak muncul begitu saja. Anda bisa mencari inspirasi dengan menghabiskan waktu di luar rumah. Dengan melihat keadaan sekitar, ide kreatif tersebut pun bisa saja muncul dengan sendirinya. Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam menghindari resiko “buntung” setelah menjalankan bisnis baru Anda dikemudian hari.

3. Buat Timeline dan Selalu Disiplin

Gunakan waktu semaksimal mungkin untuk mengembangkan bisnis yang akan atau sudah Anda digeluti. Dalam satu hari, setidaknya sisihkan waktu selama 1 – 2 jam untuk mengembangkan konsep bisnis. Untuk menghindari rasa malas, buatlah timeline sebaik mungkin agar Anda tahu kapan harus memulai, sehingga bisnis yang dijalani dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Carilah sumber-sumber pengembangan bisnis di internet sebagai referensi anda dalam mengembangkan konsep bisnis Anda.

Baca Juga  6 Cara Mengatur Waktu untuk Meningkatkan Produktivitas

Baca juga: 5 Bisnis Online Paling Cocok Di Era 4.0

Tinggalkan Balasan

ggrm

Transaksi Besar oleh Sinarmas Sekuritas Ditemukan di Saham GGRM

Firli bahuri sebagai ketua kpk

DPR Sahkan Firli Bahuri Sebagai Ketua, Penasihat KPK Undur Diri