in

Hindari Kesalahan Ini Jika Ingin Membeli Rumah Baru!

Alasan Broker Properti Online Harus Punya Website Pribadi (Part 2)
Alasan Broker Properti Online Harus Punya Website Pribadi (Part 2) (C) RUMAH123

Memiliki rumah baru tentunya sudah menjadi impian setiap orang. Berbagai macam cara dilakukan untuk memperoleh rumah baru. Salah satunya ialah meminjam uang ke bank. Namun, sering kali banyak ditemukan kasus dilapangan seseorang kesulitan untuk membayar cicilan tersebut. Namun apa daya, tawaran berupa cicilan rendah dari bank sering kali menggiurkan. Apakah Anda juga begitu? Padahal, jika diteliti lagi, ada beberapa kesalahan yang hanya mengakibatkan kerugian dikemudian hari. Kesalahan seperti apakah itu? Simak ulasan PikiranTrader berikut ini;

1. Asal Beli Tanpa Membandingkan Harga

Kesalahan saat membeli rumah baru yang pertama ialah asal beli tanpa membandingkan harga. Harga properti yang satu berbeda dengan yang lainnya. Hal ini tergantung pada tipe dan lokasi bangunan tersebut. Jika berada di pusat kota, sudah pasti harganya mahal dan sebaliknya. Namun, Anda sering kali asal beli rumah tanpa membandingkan harga lebih dulu. Perlu Anda ketahui, harga yang ditawarkan satu developer berbeda dengan developer lainnya. Karena itu, Anda perlu melakukan sedikit pencarian untuk mendapatkan harga terbaik. Manfaatkan media sosial seperti grup facebook, whatsapp, twitter atau yang lainnya untuk memperoleh informassi harga. Lagi pula, siapa yang tidak ingin punya rumah besar dan mewah dengan harga terjangkau?

Baca Juga  7 Cara Menjadi Orang Kaya Versi Miliarder Dunia

Baca juga: Tips Mewujudkan Rumah Impian dengan Penghasilan Pas-pasan

2. Pinjaman Bank Terlalu Banyak

Memang benar jika Anda membutuhkan uang yang banyak ketika hendak membeli rumah. Namun, jangan sampai semua uang yang dibutuhkan berasal dari pinjaman bank. Hal ini akan berdampak besar pada kesehatan finansial Anda. Jika memiliki tabungan, coba ambil sebagian dari tabungan tersebut. Meskipun bank menawarkan bunga yang rendah, tetap sesuaikan dengan kemampuan Anda untuk membayar pinjaman tersebut. Jika Anda tidak mampu membayar cicilannya, alangkah baiknya jika meminjam sesuai jumlah yang dibutuhkan saja.

3. Tidak Menghitung Biaya Tambahan

Kesalahan saat membeli rumah baru yang selanjutnya ialah tak menghitung biaya tambahan. Perlu Anda ingat bahwa semua masalah tidak langsung selesai saat Anda telah membeli rumah. Mengapa? Sebab Anda memerlukan biaya lain-lain, seperti biaya notaris, pajak, dan biaya agen. Biaya ini terbilang lumayan mahal. Terlebih jika nilai properti yang Anda miliki termasuk mahal. Ketika Anda memutuskan membeli rumah lewat fasilitas KPR, jangan lupakan premi asuransi. Selain itu, pikirkan juga biaya bunganya. Semakin teliti menghitung semua biaya, semakin Anda matang untuk menentukan keputusan. Semua biaya tambahan harus dibayarkan ketika rumah sudah di tangan. Namun, tidak untuk biaya pajak. Sebab pajak adalah kewajiban yang Anda bayarkan setiap tahunnya.

Baca Juga  Tips Hemat Membangun Rumah Baru

Baca juga: 4 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Rumah Baru

Tinggalkan Balasan

cukai rokok industri

Cukai Rokok Naik: Industri, Konsumen, dan Investor Rokok Kelimpungan

Istri yang Pandai Mengatur Keuangan, Istri Idaman (2)

Istri yang Pandai Mengatur Keuangan, Istri Idaman (2)