in

Jangan Galau Ketika Akhir Bulan Mencekam! Berikut Tips Biar Irit

Ramdhan hemat untuk anak kos
Cutting costs

Sudah masuk minggu terakhir bulan September, berarti sudah akhir bulan alias tanggal tua. Nah, pernah nggak isi dompetmu menipis bahkan hampir kosong menjelang akhir bulan? Bahkan untuk biaya makan dan transportasi pun kekurangan. Atau saking parahnya sampai minta uang ke orangtua untuk menambal hidup di tanggal tua. Untuk mengatasi hal ini, wajib simak tips berikut agar tidak galau dan tetap irit ketika akhir bulan datang mencekam.

Baca juga: Tips Sukses ala Pendiri Tokopedia

6 Tips biar Irit

Kebutuhan hidup memang banyak dan tidak ada habisnya. Untuk itu, kita harus mengecek kembali pengeluaran sehari-hari, sehingga ke depannya kita bisa menyisiasatinya dengan pintar. Berikut 6 Tips supaya bisa irit, dikutip dari detikFinance:

1. Penting membuat daftar belanja dan membatasi pengeluaran

Mencatat dan membuat daftar keperluanmu sangat penting dan perlu untuk dilakukan. Selain itu, sebisa mungkin menahan agar tidak membuang-buang uang untuk keperluan yang tidak penting.

Ada pun kebiasaan yang jangan terlalu sering dilakukan adalah hangout dan belanja sama teman-teman. Bukan berarti tidak gaul, kamu juga boleh hangout kok, tapi sebelum jalan coba buat daftar belanja, dengan demikian kamu enggak akan mengalami over budget.

Baca Juga  Awas Tertipu! ini Ciri Arisan Online Palsu

Baca juga: Meskipun Krisis Ekonomi Menyerang. 4 Orang ini Justru Makin Kaya!

2. Menyisihkan uang di awal bulan

Usahakan selalu menargetkan berapa uang yang harus ditabung setiap bulannya. Setelah mencatat pengeluaran pokok dengan baik, maka ada baiknya menyisihkan gajimu tersebut paling tidak sebanyak 25%.

Sesudah itu jangan lupa simpan uang-uangmu di tabungan, dan buat komitmen supaya tak menggunakannya kecuali untuk keadaan darurat.

3. Jangan suka hutang! Dalam bentuk apapun!

Jangan biasakan untuk berhutang, apapun bentuknya, mulai dari hutang seperti kartu kredit, pinjaman uang ke teman atau jenis-jenis kredit lainnya. Sebaiknya pikirkan lagi jika kamu berniat untuk membeli barang secara kredit.

Jika memang terdesak, pertimbangkan kembali dan hitung dengan pendapatanmu setiap bulannya. . Jangan sampai kamu terlibat dalam pembayaran bulanan yang terlalu besar.

4. Hemat Kuota Internet

Tak bisa dipungkiri, di masa yang serba digital dan selalu bergantung pada internet membuat kita harus siap sedia kuota setiap harinya. Namun, tanpa disadari,budget untuk hal ini bisa saja jadi penyebab mengapa uang kita cepat habis.

Baca Juga  Saham Mana Yang Menguntungkan Pada Saat Lebaran?

Nah, Sebaiknya buat target bahwa selama sebulan kamu tidak menghabiskan lebih dari 1 kali pemakaian. Jangan sampai membuatnya jadi berkali lipat kalau keuanganmu tidak mau kritis.

Baca juga: Jangan Sampai Keliru! Bedakan Antara Investasi Saham dan Trading Saham (Part 1)

5. Investasikan uangmu!

Jika kondisi keuangan sudah stabil, maka lebih baik sisihkan uang untuk beinvestasi. Ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa kamu pilih. Salah satu alasan penting mengapa kita harus berinvestasi adalah untuk melawan inflasi yang kian membesar. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai investasi, kamu bisa baca artikel lainnya di PikiranTrader.com.

Nah, itu dia tips agar bisa hidup irit setiap harinya agar tidak galau di akhir bulan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes

Meskipun Krisis Ekonomi Menyerang. 4 Orang ini Justru Makin Kaya!

Cut Loss, Malaikat Pelindung untuk Trading Forex Anda