in

Pelaku Pasar Saham, Simak Cara Cuan Ketika Bull and Bear! (Part 1)

pengertian bull and bear

Bagi pemain lama dalam pasar saham, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Bull and Bear. Namun, bagi pemula istilah ini mungkin terdengar asing. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mendapatkan cuan ketika dalam situasi bull atau pun bear.

Mungkin bagi sebagian pelaku pasar saham atau investor, pasti sudah sering mengalami situasi dimana harga-harga indeks perdagangan mengalami pergolakan. Baik mengalami peningkatan ataupun penurunan secara tajam tanpa bisa diprediksi.

Baca juga; 4 Produk Minuman yang Ikut Pepsi Pamit Per 10 Oktober 2019 dari Indonesia

Asal usul pemberian nama

Dikutip dari MONEYSMART.id, belum diketahui secara pasti mengapa dipilih nama hewan “bull” atau banteng dan “bear” atau beruang. Namun, banyak kalangan yang percaya bahwa gerakan tubuh alami kedua hewan tersebut dapat merepresentasikan pergerakan harga saham.

Banteng (bull) yang menyerang dengan gerakan menyeruduk dari bawah ke atas mewakili pergerakan harga saham yang naik (bullish). Sementara itu, beruang cenderung menyerang lawannya dengan gerakan menunduk, menggambarkan harga saham yang turun (bearish).

Baca Juga  5 Kesalahan Investasi Reksadana yang Harus Dihindari

Ketika sudah menjadi pelaku saham, siap ataupun tidak kita harus terbiasa dengan situasi Bull and Bear. Karena hampir pasti, saham-saham yang ada di pasar akan mengalami periode bullish dan bearish.

Baca juga: IHSG Darurat! Anjlok 1 Persen di Awal Pekan

Pengertian dari Bull and Bear di pasar modal

Sama halnya dengan penjelasan di atas, Bull (binatang banteng) dapat diinterpretasikan bagaikan situasi pasar saham yang mengalami peningkatan secara keseluruhan. Jika ngomongin bursa lokal berarti konteksnya adalah Indeks Harga Saham Gabungan atau biasa disingkat IHSG.

Di samping itu, istilah Bear ( binatang beruang) menggambarkan situasi pasar saham yang menurun karena berbagai faktor. Kedua fenomena tersebut akan lebih mudah terlihat oleh pelaku pasar jika peningkatan atau penurunan terjadi dalam periode waktu tertentu seperti bulanan atau tahunan.

Baca juga: Pelaku Pasar Saham, Simak Cara Cuan Ketika Bull and Bear (Part 2)

Baca juga: Mau Gaji 60 Juta? Yuk Lamar di Beberapa Posisi E-Commerce

Tinggalkan Balasan

Wiranto Diserang, Apakah Karena Aset yang Ia Miliki?

Keuntungan Trading di Broker FBS (FBS Holdings Inc)

Keuntungan Trading di Broker FBS (FBS Holdings Inc)