in

3 Cara untuk Menjaga Data Pribadi Anda Dengan Hati-hati

Era digital saat ini akan membuat Anda selalu bersentuhan dengan aplikasi teknologi keuangan atau media sosial lainnya. Bahkan, Anda tidak benar-benar bisa menyimpan data pribadi Anda dengan cermat dan aman.

Namun, hal itu mungkin dapat membuat Anda terjebak dan masuk ke situs dan aplikasi yang tidak aman.

Oleh karena itu, yuk pertimbangkan tips-tips berikut agar data Anda tetap aman:

Pastikan Data Aman

Pastikan data yang Anda masukkan dan input ke media sosial dan aplikasi teknologi masuk akal dan aman. Misalnya, untuk fintech dengan perencana keuangan atau pinjaman P2P yang meminta data gaji Anda mungkin sangat masuk akal. Namun, informasi lain yang tidak ada hubungannya dengan gaji, tampaknya perlu dihindari.

Selain masuk akal, pastikan data yang Anda masukkan hanya untuk situs tepercaya. Meskipun aman, Anda juga perlu melengkapi data sehingga dapat diperiksa atau dilacak saat ada tindakan yang mencurigakan.

Dilansir dari laman Forbes, banyak platform fintech menggunakan data pribadi yang dimasukkan sebagai patokan untuk keamanan. Misalnya, jika hanya ada email, tetapi tidak ada nomor ponsel, itu tidak kuat dari sisi keamanan. Jadi, pastikan semuanya lengkap.

Baca Juga  Bagaimana Nasib Pekerjaan Anda di Masa Depan?

Jangan Bagikan Data Pribadi

Jangan menyebarkan data pribadi Anda secara bebas. Menurut media, Anda tentu disadarkan bahwa perusahaan sibuk mengumpulkan sebanyak mungkin data tentang Anda, karena semakin banyak mereka tahu tentang Anda, semakin banyak kekuatan yang mereka miliki atas pengambilan keputusan Anda. Karena itu, Anda harus menjaga data pribadi Anda dengan cermat.

Pilih aplikasi yang terdaftar

Sebelum memulai transaksi di fintech, mulailah memeriksa teknologi di situs resmi otoritas layanan keuangan apakah aplikasi tersebut aman atau tidak. Jika belum terdaftar, akan sulit bagi Anda untuk memantaunya.

Baca juga : “WOW”, Kata Ajaib untuk Bisnis Sukses Anda

Tinggalkan Balasan

Dollar Cost Averaging

Tips Menabung Rutin ala Dollar Cost Averaging

Menabung dan investasi menunjukan niat Anda dalam menyisihkan uang dan sekarang kamu bisa nabung rutin sambil investasi di aplikasi Bibit.id

Cara Menabung Rutin di Bibit