in

Perhatikan Beta Sahamnya Agar Dapat Cuan!

IHSG menghijau dan Rupiah menguat

Masyarakat rupanya semakin tertarik untuk melakukan investasi. Apalagi berinvestasi melalui instrumen saham. Upaya ini dilakukan untuk mengimbangi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Nah, perlu kamu ketahui bahwa sangat penting untuk memperhatikan beta sahamnya agar mendapatkan cuan yang banyak.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa instrumen saham bisa memberikan imbal hasil (return) yang cukup tinggi disertai dengan transaksinya yang mudah.

Namun, memilih saham bukanlah perkara yang mudah. Apalagi bagi investor pemula atau masyarakat awam. Saham merupakan investasi dengan tingkat fluktuasi pergerakan harga yang lumayan tinggi, tapi untungnya juga besar atau high risk high return.

Baca juga: Jokowi Yakin Tahun 2045 Indonesia Masuk 5 Besar Ekonomi Dunia

Beta Saham Merupakan Kunci!

Beta saham disini merupakan sebuah indikator yang dijadikan patokan dalam memilih saham melalui fluktuasi harga saham. Dikutip dari CNBCIndonesia, beta digunakan untuk mengukur sensitivitas suatu saham terhadap pergerakan pasar secara keseluruhan dengan kata lain yakni Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Nilai angka 1 pada beta merupakan patokan awal. Jika suatu saham memiliki angka beta 1 maka pergerakannya selaras dengan IHSG. Sedangkan, jikalau beta sahamnya kurang dari satu maka sensitivitas terhadap fluktuasi pergerakan harganya dapat dikatakan lebih rendah dari IHSG.

Baca Juga  Kesalahan Berinvestasi yang Sering Dilakukan Millenial

Baca juga: Gojek Ditinggal Nadiem, Apakah Jadi IPO ?

Contohnya adalah, jika sebuah saham betanya 0,5, itu artinya saham tersebut akan mengalami kenaikan 0,5% saja ketika IHSG naik 1%. Sebaliknya, ketika IHSG turun 1%, maka saham tersebut akan turun setengah persen saja.

Maka, penting sekali untuk menghindari saham yang memiliki beta cukup tinggi. Pasalnya ketika IHSG sedang dalam tren penurunan (downtrend) kamu tidak akan terseret lebih dalam. Pilihlah saham-saham berfundamental cukup baik dengan angka beta yang sesuai dengan kenyamanan anda.

Dimana kita dapatkan angka beta?

Angka beta yang bisa memberikan cuan ketika investasi saham bisa didapatkan di berbagai website secara gratis. M isalnya Yahoo Finance, Refinitiv Reuters, Pefindo Beta Stock, dan lain sebagainya. Pefindo juga secara rutin merilis angka beta saham untuk digunakan pelaku pasar secara luas.

Baca juga: Investor Reksa Dana Mau Beralih ke Saham? Wajib Simak Ini Dulu! (Part 1)

Tinggalkan Balasan

Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian yang Bukan Sarjana Pertanian

Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian yang Bukan Sarjana Pertanian

Tips Jitu Bermain Dengan Saham Gorengan