in

Gagal Berinvestasi? Tenang, Lakukan Hal Berikut Ini (Part 2)

Artikel kemarin kita sudah mengulas langkah pertama dan langkah kedua yang harus dilakukan ketika gagal dalam berinvestasi. Nah, artikel kali ini merupakan lanjutannya; dikutip dari Kompas, lakukan hal berikut ini ketika gagal berinvestasi:

Langkah yang diambil ketika gagal berinvestasi

3. Seringlah berkonsultasi dan terus belajar

Jangan sampai merasa ilmu yang dipunyai sudah cukup. Tida ada salahnya untuk terus belajar dan bertanya kepada ahlinya. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahlinya atau bahkan mereka yang terlibat dalam kegiatan investasi yang kamu lakukan. Misalnya pihak perusahaan tempatmu menanamkan modal atau bahkan manager investasimu.

Karena dengan bantuan mereka, kamu bisa dengan mudah memahami kendala yang ditemui dalam berinvestasi. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari lebih detail investasi itu dan menemukan berbagai solusi terbaik. Jadi, kamu bisa mengambil keputusan yang tepat dan menguntungkan.

Baca juga: Enaknya Beli Saham Langsung Borong atau Dicicil?

4. Mengambil keputusan yang tepat

Ketika kegagalan ada di depan mata, rasa-rasanya ingin sekali menghentikan investasi seketika saat itu juga. Nah, hal inilah yang patut dihindari. Meski investasi gagal, bukan berarti kamu harus segera berhenti dan melepasnya begitu saja. Ada banyak hal yang bisa memengaruhi dan menimbulkan kegagalan investasi ini yang tentunya semua itu harus dipahami dengan detail.

Baca Juga  3 Cara Mudah Investasi Dengan Modal Kecil

Ketika ingin mengambil keputusan yang tepat dan terbaik. Lakukan hal berikut; akan jauh lebih baik jika kamu menimbang kembali risiko dan potensi keuntungan di dalam investasi yang gagal tersebut.

Misalnya, jika dirasa investasi yang tengah dijalani bisa menjanjikan dan dapat kamu kelola lebih baik ke depannya. Maka, tidak ada salahnya untuk mempertahankannya.

Namun, apabila ke depannya dirasa tidak ada potensi keuntungan yang menjanjikan. Kamu bisa melepas dan mencari investasi lainnya yang lebih tepat.

Baca juga: Perhatikan Beta Sahamnya Agar Dapat Cuan!

5. Jangan berputus asa dan terus mencoba kembali

Ketika gagal, kamu harus mempunyai keberanian untuk bangkit dan mencoba lagi. Pasalnya, saat kamu menyerah, maka artinya kamu menerima kegagalan begitu saja dan tidak melakukan apapun untuk memperbaikinya.

Sebaliknya, ketika investasi gagal dan kamu berani untuk mencoba kembali, maka kamu sudah membuka peluang kesuksesan dalam investasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

emas

Hendak Investasi Emas? Begini Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

Dolar AS tergelincir terhadap safe haven

Jam Buka Pasar Trading Forex Sesi Amerika