in

Susah Berhemat? Coba Trik Psikologis Berikut! (Part 2)

trik psikologis berhemat

Dalam mengatur keuangan memanglah susah-susah gampang, terutama dalam hal berhemat. Ketika ada niatan untuk lebih selektif menggunakan uang, kegiatan berhemat tentunya dapat dengan mudah dilakukan. Namun yang menjadi persoalan ialah niatan tersebut sering kali sirna, sejalan dengan kebutuhan dan keinginan untuk memiliki suatu barang. Oleh karena itu, kegiatan berhemat sangat sulit dilakukan oleh sebagian orang. Apakah Anda juga demikian? Jika iya, nampaknya Anda harus menyimak trik psikologis untuk berhemat berikut ini;

Baca juga: Susah Berhemat? Coba Trik Psikologis Berikut!

5. Bayar secara Kontan

Ketika ingin membeli sesuatu, lebih baik mengumpulkan uang hingga Anda bisa membayarnya secara kontan. Mencicil pembelian atau menggunakan kartu kredit berarti Anda harus menanggung bunga, biaya admin dan pengeluaran tambahan lainnya. Selain itu, kebiasan kredit ini membuat Anda terbiasa meraih sesuatu dengan instan. Sehingga, barang yang Anda beli bisa jadi berakhir taken for granted. Sebaliknya, jika Anda menabung terlebih dahulu untuk meraih sesuatu, Anda jadi bisa lebih menghargainya. Namun, bukan berarti membeli sesuatu secara kredit itu tidak akan menguntungkan Anda sama sekali. Jika memang barang yang akan dibeli sifatnya mendesak, maka tak ada salahnya memanfaatkan kartu kredit dengan sistem cicilan 0%.

Baca Juga  3 Hal Sepele Perusak Finansial Anak Muda

6. Waktu vs Uang

Sadari bahwa Anda tidak bisa mendapatkan uang dan waktu secara bersamaan. Salah satunya pasti akan dikorbankan. Jika Anda ingin uang, kemungkinan akan kehilangan waktu. Begitu juga sebaliknya. Tidak ada benar atau salah dalam kasus ini. Terkadang Anda hanya perlu memilih sesuai konteks dan keadaan. Misal, Anda dihadapi dua pilihan yaitu pulang naik bus atau naik taksi. Tarif bus adalah Rp5 ribu dan membutuhkan 1,5 jam. Sedangkan tarif taksi Rp50ribu dan hanya membutuhkan 30 menit. Kedua pilihan ada plus-minusnya. Mana yang mau dikorbankan, uang atau waktu? Jadi, bijaklah dalam memilih dan menentukan.

7. Menghargai Diri Sendiri

Trik psikologis yang terakhir untuk berhemat ialah mulailah untuk menghargai diri sendiri. Berhemat bukan berarti tidak menikmati hidup. Berhemat artinya menghargai hasil kerja keras diri dengan cara menggunakan hasil secara bijak. Tanamkan dalam diri bahwa berhemat adalah cara Anda menyayangi diri sendiri. Anda pasti ingin bisa diandalkan oleh keluarga dan orang-orang terdekat, bukan? Seperti memberikan hadiah yang berharga untuk pasangan, atau membantu orang yang membutuhkan. Itu semua hanya bisa Anda lakukan jika memiliki kekuatan finansial. Kuncinya Ada pada Latihan Tidak ada lagi yang lebih berpengaruh dari kekuatan pikiran. Semakin sering Anda melatih diri dengan tujuh trik tersebut, maka Anda akan terbiasa untuk berhemat. Seperti bersepeda, mungkin butuh beberapa bulan serta tekad yang kuat, hingga Anda menemukan keseimbangan dan bisa meluncur dengan mindset berhemat ini. Teruslah berlatih setiap bulannya hingga berhemat menjadi skill Anda.

Baca Juga  Memiliki Lebih dari 1 Kartu Kredit? Ini Manfaatnya!

Baca juga: Plus Minus Sistem Pembayaran Kredit (Part 2)

Itulah ulasan PikiranTrader tentang beberapa trik psikologis yang dapat Anda terapkan, untuk mensukseskan kegiatan berhemat Anda. Bagaimana? Tertarik untuk memulai mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Sebelum mengajukan kartu kredit, penting bagi Anda untuk beberapa ketentuan di dalamnya. Berikut adalah beberapa ketentuan kartu kredit paling umum yang perlu diketahui semua orang

Ketentuan Kartu Kredit yang Wajib Anda Pahami

Bisnis untuk Pensiunan, Sudahkah Anda Memikirkannya?