in

Cara Melaporkan SMS Penipuan ke OJK

keuangan para milenial

Pernahkah Anda  menerima SMS dari nomor yang tidak dikenal dan berisi permintaan untuk mentransfer sejumlah dana ke nomor rekening tertentu?

Di era teknologi iniAnda perlu waspada, bisa saja Anda sedang dijadikan target korban penipuan dengan modus transfer dana, modus penipuan dengan tautan website, dan lain-lain.

Contoh isi SMS penipuan yang sering terjadi adalah “[Uangme]Selamat, Anda mendapatkan maksimal pìnjaman Rp3.000.000, segera download APP http://uangme.org/H3f untuk klaim, 1 detik masuk rekening!”

Namun Anda tidak perlu bingung lagi untuk melaporkan segala bentuk SMS penipuan, baik berupa pengiriman uang ke rekening tertentu atau bentuk penipuan yang lain. Anda bisa melaporkan deretan SMS penipuan yang mengganggu tersebut ke layanan Financial Customer Care (FCC) OJK, berikut cara melaporkannya:

Cara Melaporkan SMS Penipuan

  1. Screen capture atau screenshot nomor rekening dalam SMS penipuan
  2. Laporkan screen capture tersebut melalui e-maillayanan konsumen OJK (konsumen@ojk.go.id)
  3. Selain e-mail, bisa juga menghubungi 1-500-655
  4. Ingat ya, harus ada bukti nomor rekening dan nama bank untuk dapat ditindaklanjuti oleh OJK. OJK melalui bank tersebut akan membekukan sementara rekening si penipu. Dengan demikian, membantu juga orang lain terhindari dari risiko penipuan di kemudian hari
  5. OJK juga bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Keminfo) untuk memblokir nomor seluler yang digunakan sebagai alat operasi kejahatan.
Baca Juga  Tips agar Profit Trading Saham Cepat Melesat (Part 2)

Selain lewat layanan konsumen OJK, masyarakat bisa menyampaikan aduan SMS penipuan melalui surat elektronik yang disediakan Keminfo, yaitu aduankonten@kominfo.go.id

Satu hal yang penting, pelaku kejahatan penipuan via SMS dapat dijerat dengan Pasal 28 ayat (1) UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ancamannya tidak main-main, hukuman penjara paling lama 6 tahun atau denda Rp1 miliar.

Dengan melaporkan SMS palsu yang tertera nomor rekening dan nama bank ke layanan FCC OJK, Anda dapat mengurangi kasus SMS penipuan dengan modus transfer dana dan dapat menghindarkan orang lain dari kejahatan serupa. Jadilah konsumen cerdas dan tak mudah percaya dengan berbagai modus kejahatan tipu-tipu via SMS.

Baca juga: Kenalan dengan OJK. Sejarah dan Visi Misinya

Tinggalkan Balasan

Pola Descending Triangle yang Harus Diketahui Trader

Pola Descending Triangle yang Harus Diketahui Trader

Memperluas Bisnis ke Luar Negeri, Beranikah Anda?