in

Apa itu Rekening Koran? Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Mungkin sebagian besar dari Anda belum tahu apa itu rekening koran yang terkait dengan perbankan. Apa pengertian rekening koran?  Bagaimana cara mendaftarnya?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan- pertanyaan di atas, simak penjelasan berikut ini:

1. Pengertian Rekening Koran

Dari segi bahasa, koran berasal dari istilah Bahasa Belanda, yaitu courant. Sedangkan pengertian rekening koran adalah rekining yang berisi ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening. Transaksi tersebut dapat berupa rekening milik individu maupun rekening milik badan usaha. Data yang terlampir adalah rincian mengenai alur debit dan kredit, termasuk dari dana hasil transfer masuk atau keluar.

2. Cara Mendaftar

Biasanya rekening koran membutuhkan stempel atau cap atau legalisir dari pihak bank yang bersangkutan, sehingga dokumen ini tidak bisa diakses secara online. Oleh karena itu, Anda harus mengunjungi kantor cabang bank terdekat.

Syarat memperoleh rekening koran:

1. Buku Tabungan Asli

Agar dapat mencetak rekening koran, nasabah harus datang sendiri dengan membawa buku tabungan asli. Beritahukan kepada petugas customer service bahwa Anda ingin mencetak rekening koran dan tujuannya dengan menyerahkan buku tabungan yang asli.

Baca Juga  BEI: Bursa Libur Selama Lebaran

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Petugas bank selanjutnya akan meminta kartu identitas Anda untuk mencocokkan identitas diri dengan buku tabungan Anda. Jadi, bawa KTP atau dokumen identitas lain, seperti paspor atau Surat Izin Mengemudi (SIM) jika tidak dapat menunjukkan KTP.

3. Kartu Debit

Syarat lainnya kartu debit. Customer service akan meminta nasabah untuk menunjukkan kartu debit sebagai bukti kepemilikan rekening dan nasabah bank. Jangan lupa bawa kartu debit saat Anda ingin mencetak rekening koran, karena jika Anda tidak membawanya, maka petugas tidak akan dapat memproses permohonan Anda untuk mencetak rekening koran.

4. Biaya Cetak

Biaya cetak rekening koran sangat beragam tergantung kebijakan masing-masing bank. Sebagai contoh:

  • Bank BCA: Rp 2.500 per lembar
  • Bank Permata: Rp10.000 per lembar
  • Bank Mandiri: Rp2.500 per lembar (transaksi 3 bulan terakhir), Rp5.000 per lembar (6 bulan)
  • Bank BNI: Rp2.500 sampai dengan Rp3.000 per lembar
  • Bank BRI: Rp25.000 per lembar (lebih dari 12 bulan)

Jika Anda membutuhkan rekening koran, tinggal datang ke bank terdekat. Jangan lupa bawa syarat-syarat di atas untuk penerbitan rekening yang lancar.

Baca Juga  Untuk Anak Kos, 3 Tips Hemat di Bulan Ramadhan

Baca juga: Waspada! Banyak Pencurian Uang Lewat Rekening Bank

Tinggalkan Balasan

Keuntungan Trading di Broker eToro

Keuntungan Trading di Broker eToro

REVIEW BROKER: Monex (PT Monex Investindo Futures)

REVIEW BROKER: Monex (PT Monex Investindo Futures)