in , ,

Tipe Kupon Obligasi, Apalagi Itu?

Tipe Kupon Obligasi
Picture by nattanan23 on pixabay.

Banyak investor pemula yang masih belum paham akan apa itu tipe kupon obligasi. Sebelum membahas hal tersebut, mari kita review sedikit apa investasi obligasi itu sendiri. Investasi obligasi adalah investasi berupa surat utang yang diterbitkan oleh debitur (perorangan, perusahaan, atau pemerintahan). Dalam investasi ini, debitur memiliki utang dan jatuh tempo pembayaran berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya. Setelah itu debitur akan membayarkan utangnya dengan bunga atau kupon kepada investor setiap bulannya.

Jadi kupon adalah keuntungan yang bisa didapat dalam investasi obligasi. Tipe kupon obligasi juga ada berbgai macam. Berikut adalah tipe dari kupon-kupon tersebut menurut diskartes.com.

Tipe Kupon Obligasi

  1. Zero Coupon Bond. Ini adalah obligasi yang tidak memiliki bunga. Obligasi ini tidak memberikan kupon atau bunga secara periodik. Investor akan mendapat laba ketika surat utang ini diperjualbelikan. Jatuh tempo obligasi ini bervariasi. Ada yang memiliki jatuh tempo pendek seperti treasury bill dan ada yang memiliki jatuh tempo hingga 10 tahun.
  2. Obligasi Berkupon. Seperti namanya, obligasi ini memiliki bunga berkala yang akan diberikan kepada investor. Sebelum era digital, kupon ini berbentuk seperti kupon pada umumnya yang akan dilampirkan di surat utang. Ketika investor ingin mengklaim kupon tersebut, kupon akan disobek oleh orang yang berwenang. Seiring perkembangan jaman, sekarang kupon sudah berbentuk elektronik atau digital. Tiap kupon memiliki jumlah nominal tertentu sesuai kesepakatan antara penerbit dan investor. Nilai ini adalah tingkat suku bunga ataupun imbal hasil obligasi yang dibeli.
  3. Obligasi Kupon Tetap. Obligasi ini juga sering disebut sebagai fixed coupon bond. Obligasi memiliki suku bunga yang tetap untuk investor sampai jatuhnya tempo pembayaran surat utang datang.
  4. Obligasi Kupon Mengambang. Dalam obligasi ini, kupon yang didapat bergantung pada indeks pasar uang. Sebagai contoh SBR008 ditawarkan dengan batas minimal 7,2 persen, sedikit lebih kecil daripada SBR007 dengan 7,5 persen. Kupon batas minimal adalah kupon pertama yang ditentukan akan menjadi nilai kupon minimal yang berlaku sampai jatuh tempo.
Baca Juga  3 Profesi untuk Kalian yang Cerdas Berinvestasi
5 Investasi booming

Tipe Obligasi Berdasarkan Penerbit yang Harus Diketahui

Risiko obligasi pemerintah

Risiko Obligasi Pemerintah yang Mungkin Terjadi