in ,

5 Investasi Yang Cocok Untuk Karyawan

Investasi yang Cocok Untuk Karyawan
Picture by Tumisu on Pixabay.

Pada dasarnya, banyak sekali investasi yang cocok untuk karyawan. Karyawan -baik Aparatur Sipil Negara (ASN) dan swasta- sudah barang tentu mendapat gaji setiap bulannya. Akan tetapi terkadang mereka belum melakukan manage pendapatan mereka dengan melakukan investasi. Mereka beranggapan bahwa mereka belum terdesak secara finansial. Ada pula yang berpikir bahwa investasi hanya mengumpulkan dana untuk masa tua saja. Padahal investasi tidak hanya untuk itu saja.

Investasi bisa saja untuk mempersiapkan banyak hal untuk karyawan tersebut. Sebagai contoh dana pendidikan anak, dana beli rumah, bahkan sampai dana untuk traveling. Apalagi dengan adanya inflasi, harga yang ada sekarang tidak akan sama dengan harga 5 atau 10 tahun mendatang.

Oleh karena itu berinvestasi adalah hal yang tepat untuk karyawan. Akan tetapi terkadang mereka bingung jenis investasi apa yang bisa mereka lakukan. Berikut adalah 5 jenis investasi yang cocok untuk karyawan menurut diskartes.com.

Investasi yang Cocok Untuk Karyawan

  1. Deposito. Meskipun deposito memiliki keuntungan yang cukup kecil, namun investasi ini cocok untuk pemula. Risiko yang didapat cukup rendah, walaupun labanya juga cukup kecil. Akan tetapi deposito dijamin oleh LPS (lembaga Penjamin Simpanan), jadi sudah dipastikan keamanannya.
  2. Obligasi. Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perorangan, perusahaan, atau pemerintah. Untuk pemula, sebaiknya mencoba obligasi pemerintah, Sebagai contoh adalah Saving Bond Ritel (SBR)., karena memiliki risiko yang cenderung kecil.
  3. Reksa Dana. Reksa dana juga cocok untuk karyawan karena memiliki risiko yang kecil, walaupun cuan juga kecil. Untuk reksa dana yang low risk sebaiknya karyawan memilih investasi reksa dana pasar uang atau reksa dana pendapatan tetap. Tapi perlu diingat, walaupun memiliki tingkat risiko yang rendah, risiko tetaplah risiko dan kita perlu untuk berhati-hati.
  4. Saham. Dengan investasi saham, pengelolaan investasi ada di tangan investor itu sendiri. Untuk memulai, ada sebaiknya mempelajari dulu saham apa saja yang sekiranya aman, sebagai contoh adalah saham blue chip. Saham blue chip adalah saham perusahaan besar yang sudah mantap dan bisnisnya sudah berjalan cukup lama.
  5. Peer to Peer Lending. Peer to peer lending adalah investasi yang lebih agresif. Akan tetapi, investor harus mempelajari dulu mana fintech yang diawasi dan terdaftar oleh OJK. Jangan sampai memilih fintech yang abal-abal demi keamanan uang anda.
Baca Juga  3 Tabiat Manusia yang Berbahaya Untuk Investasi Anda

Itulah beberapa investasi yang cocok untuk karyawan. Bagaimana? Sudah siap berinvestasi?

Risiko obligasi pemerintah

Risiko Obligasi Pemerintah yang Mungkin Terjadi

Tips Investasi Untuk Aparatur Sipil Negara

3 Tips Mulai Berinvestasi Untuk Karyawan