in ,

3 Tips Mulai Berinvestasi Untuk Karyawan

Tips Investasi Untuk Aparatur Sipil Negara
Picture by luxstorm on Pixabay

Karyawan swasta dan ASN sudah memiliki gaji tetap tiap bulannya. Karyawan perlu memutar otak untuk mengelola gaji tersebut untuk hidup selama satu bulan kedepan dan juga menabung. Terkadang karyawan merasa bingung dimana mereka harus mulai berinvestasi.

Tapi adapula karyawan yang memiliki mindset bahwa investasi hanya untuk mengumpulkan dana pensiun. Padahal investasi bisa saja digunakan untuk kebutuhan yang lain. Karyawan bisa berinvestasi untuk pendidikan anak, dana beli rumah, ataupun data untuk liburan. Terlebih inflasi adalah hal yang pasti terjadi. Sebagai contoh, harga beras yang kita rasakan sekarang belum tentu sama dengan harga beras 5 tahun mendatang. Oleh karena itu, berikut adalah tips mulai berinvestasi untuk karyawan menurut diskartes.com.

Tips Mulai Berinvestasi Untuk Karyawan

  1. Sisihkan gaji di awal waktu. Sebaiknya ketika gaji karyawan turun, langsung sisihkan sebagian uangnya untuk berinvestasi. Karena menyisihkan uang di akhir bulan cukuplah sulit. Jadi ketika gaji baru saja turun, sisihkan uang tersebut untuk pengeluaran rutin. Sebagai contoh cicilan rumah atau pembayaran kosan, uang makan sehari-hari, utang, asuransi, dan investasi. Usahakan paling sedikit 10 persen gaji digunkan untuk berinvestasi. Boleh saja lebih dari 10 persen, tapi sesuaikan dengan kemampuan.
  2. Tentukan target investasi. Setelah menyisihkan uang untuk investasi, tentukan tujuan anda berinvestasi. Apakah anda mau berinvestasi untuk liburan, dana pensiun, menikah, pendidikan, rumah, atau lainnya. Pastikan instrumen investasi juga sesuai. Jika instrumen investasi tidak tepat, bisa saja tujuan yang didambakan ‘terancam’ gagal. Oleh karena itu karyawan harus jeli untuk memilih instrumen investasi.
  3. Jangan lelah untuk belajar. Hal yang penting dalam berinvestasi adalah tidak lelah untuk belajar. Sering sekali banyak orang yang ikut-ikutan investasi tanpa tahu seluk beluk investasi tersebut. Setiap investasi sudah barang tentu memiliki risiko, oleh karena itu memiliki keinginan untuk terus belajar adalah wajib hukumnya. Anda bisa belajar dari orang yang sudah berpengalaman, mengikuti webinar, atau membaca buku-buku investasi.
Baca Juga  Prinsip Orang Kaya yang Harus Ditanamkan pada Anak

Dengan adanya tips ini apakah anda sudah terdorong untuk mulai berinvestasi?

Investasi yang Cocok Untuk Karyawan

5 Investasi Yang Cocok Untuk Karyawan

instrumen pasar modal

Instrumen Pasar Modal Untuk Investor Pemula