in

Apakah Socially Responsible Investment Itu?

Investasi Jangka Panjang
Picture by Nattanan23 on Pixabay

Socially Responsible Investment adalah investasi yang dilakukan dengan menghindari industri yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan dan sumber daya. Jika anda sebagai investor ingin melakukan investasi sekaligus melakukan kegiatan sosial, maka investasi ini adalah investasi yang cocok untuk anda.

Dengan melakukan Socially Responsible Investment (SRI) seorang investor akan mengalokasikan dana mereka di investasi yang berdampak positif pada lingkungan. Ketika melakukan SRI hindari berinvestasi pada perusahaan atau jenis investasi yang memproduksi senjata, alkohol, atau investasi lainnya yang berpotensi menyebabkan efek negatif.

SRI akan menggunakan investasi yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan sosial. Sebagai contoh melakukan investasi terhadap kelestarian lingkungan, keadilan dan kesejahteraan sosial.

Banyak investor menganggap bahwa dengan melakukan investasi ini, mereka akan memberikan manfaat secara berkala dan bertanggung jawab. Pokok dari SRI ini adalah memberikan perubahan positif terhadap lingkungan dan sosial serta memperoleh cuan finansial.

Pada dasarnya SRI sama dengan investasi yang lainnya, akan tetapi SRI juga mempertimbangkan etika dan ntanggung jawab sosial. Sebelum abad 21 SRI biasanya ditekankan pada investasi bidang emansipasi wanita, sipil, dan pencegahan terjadinya perang. Sedangkan di masa sekarang ini, SRI lebih cenderung didedikasikan untuk perubahan iklim dan praktik bisinis yang etis.

Baca Juga  Narada: Milenesia Cash Fund Siap Menarik 1.000 Investor Milenial

Cara Memulai Socially Responsible Investment

Untuk memulai SRI, seorang investor bisa mencari investasi yang memiliki pondasi tanggung jawab sosial. Investasi tersebut bisa berupa reksa dana yang ada di bursa atau kepada individual yang menganut paham tersebut.

Selain itu, investor juga harus mencari investasi yang menghasilkan cuan. Investor juga harus mencari info terlebih dahulu akan risiko investasinya. Hal ini perlu digaris bawahi karena walaupun seorang investor melakukan kegiatan yang memiliki positif untuk lingkingan, SRI masih memiliki risiko. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah terkadang SRI underperform daripada investasi lainnya. Oleh karena itu investor harus lebih hati-hati.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 20 Maret 2020

Investasi Rendah Risiko

4 Investasi Risiko Rendah yang Pemula Harus Tahu!