in

5 Kiat Menyiapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat
Picture by EmAji on Pixabay

Banyak sekali orang yang sering melupakan akan pentingnya sifat antisipatif terhadap hal-hal penting, terutama keuangan. Banyak orang akan bersikap antisipatif saat suatu hal sudah terjadi, bukan saat suatu kejadian belum terjadi. Mereka akan berpikir akan pentingnya menyiapkan dana darurat ketika ‘kepepet’ oleh keadaan darurat.

Memang, mempersiapkan dana darurat memang sama sekali tidak mudah. Hal ini dikarenakan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seseorang. Menurut Business Insider, persentase stres akibat keuangan pada milenial lebih besar dibandingkan stres akibat keluarga, pekerjaan, dan kesehatan, yaitu 63%.

Dengan menyiapkan dana darurat, stress yang diakibatkan akan keuangan bisa diminimalisir. Sebagai contoh ketika terjadi bencana yang tidak bisa diprediksi. Dana tersebut bisa digunakan untuk menutupi lubang yang disebabkan oleh bencana tersebut. Oleh karena itu, berikut adalah kiat untuk mempersiapkan dana darurat.

Kiat Menyiapkan Dana Darurat

  1. Pahami Kondisi Keuangan. Dengan mengetahui cashflow yang terjadi tiap bulan, anda bisa memperkirakan berapa jumlah uang yang bisa disisihkan. Untuk mempermudah mengingat, catat selalu cashlow anda, atau melakukan pembukuan khusus untuk keuangan anda. Hal ini dapat memantau pengeluaran yang tidak penting dan mempermudah menyisihkan uang.
  2. Tentukan Jumlah Dana yang Dibutuhkan. Dari gaji satu bulan anda, sisihkan sekitar 5-10 persen untuk persiapan dana darurat. Anda juga bisa melakukan perhitungan prediktif untuk hal-hal yang bisa saja terjadi. Jika target sudah terlihat, anda bisa mengira-ngira berapa dana darurat yang harus disiapkan.
  3. Mulai Secara Pelan-pelan. Jangan paranoid ketika mempersiapkan dana darurat. Mulai dengan pelan-pelan, namun selalu konsisten. Persiapan ini membutuhkan jangka panjang dan bukan sesuatu yang bisa disiapkan dengan cepat. Lakukan seperti melakukan pencicilan utang, yang penting pelan dan konsisten.
  4. Tekan Pengeluaran. Jangan mengeluarkan uang untung sesuatu yang kurang penting. Sebagai contoh, anda bisa membeli obat pel dengan harga yang lebih murah daripada yang mahal, toh hasil yang didapat kurang lebih juga sama. Selain itu, anda bisa menerapkan sifat non-konsumtif untuk menekan pengeluaran.
  5. Siapkan Rekening Khusus. Anda bisa membuka rekening baru untuk menyimpan dana darurat anda. Target dari membuka rekening baru ini adalah untuk mengatur pembagian, sehingga dana tersebut tidak akan terpakai untuk keperluan lain. Cari institusi perbankan yang tidak membutuhkan saldo awal yang besar untuk membuka rekening dan memiliki biaya administrasi perbulan yang murah.
Baca Juga  5 Cara Menghasilkan Rupiah Tanpa Keluar Rumah

Berikut adalah kiat-kiat menyiapkan dana darurat. Jangan lupa untuk mempersiapkan karena kita tidak tahu kapan bencana itu datang.

Investasi Jangka Panjang

5 Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua

investasi Modal kecil

3 Cara Mudah Investasi Dengan Modal Kecil