in

3 Cara Mudah Investasi Dengan Modal Kecil

investasi Modal kecil
Photo by bady qb on Unsplash

Banyak orang beranggapan bahwa melakukan investasi membutuhkan modal yang tinggi. Padahal pemikiran tersebut tidaklah benar. Jaman sekarang sudah banyak jenis investasi dengan modal kecil.

Faktor yang paling mempengaruhi akan hasil investasi anda adalah konsistensi. Walaupun anda berinvestasi dengan dana yang kecil, namun jika konsisten anda akan bisa mendapatkan kebebasan finansial di masa depan.  Berikut adalah cara mudah untuk melakukan investasi dengan modal kecil menurut koinworks.com.

Investasi Dengan Modal Kecil

  1. Lakukan Tabungan Konsep ‘Cookie Jar’. Anda bisa menabung dulu sebelum melakukan investasi dengan melakukan tabungan konsep ‘cookie jar’. Konsep ini adalah membuat dana cadangan untuk digunakan disaat anda butuh. Anda bisa mencoba menyisihkan Rp50.000 tiap minggu dan letakkan uang tersebut di amplop atau brankas. Setelah satu bulanm anda akan mendapatkan Rp200.000. Dan dalam setahun anda bisa mendapatkan Rp2.400.000. Uang itu bisa anda alokasikan untuk investasi di beberapa instrumen investasi yang anda percaya.
  2. Ikut Program Pensiun Pegawai. Anda bisa mengikuti program pensiun di perusahaan tempat anda bekerja. Anda bisa merencanakan presentase investasi anda tiap bulannya. Anda bisa menetapkan sekitar 10 persen dari gaji anda untuk mempersiapkan dana pensiun. Anda juga harus commit dengan jumlah dana yang anda persiapkan. Setelah itu, anda bisa meningkatkan jumlah persentase secara bertahap dari tahun ketahun. Akan tetapi, anda tetap harus melihat kondisi keuangan anda, jangan terlalu memaksa untuk menambah dalam jumlah besar.
  3. Investasi PropertiBanyak yang berpikir bahwa investasi ini hanya cocok untuk orang-orang kaya saja. Padahal, anda bisa melakukan investasi properti dengan menunggunakan saham ataupun pembelian kolektif (crowdfunding). Untuk metode saham, uang yang dikeluarkan dihitung per lot yang setara dengan 100 lembar. Keuntungan yang didapat dalam bentuk dividen tiap tahun mengikuti ketentuan yang sudah disepakati di awal. Untuk pembelian kolektif, anda bisa membeli sebuah bangunan dan membayar beberapa persen dari harga bangunan tersebut. Keuntungan yang anda dapatkan berasal dari harga sewa bangunan tersebut. Jumlah yang anda dapat tergantung dari persentase dana anda dan kesepakatan dengan anggota crowdfunding lainnya.
Baca Juga  5 Tips Menabung untuk Persiapan Menikah

Tidak terlalu sulit bukan? Yuk mulai berinvestasi kecil-kecilan!

Menyiapkan dana darurat

5 Kiat Menyiapkan Dana Darurat

IHSG dihantui depresiasi

IHSG Masih Lemas Akibat Infeksi Corona