in

Sehatkan Finansial Anda Dengan Detoks Keuangan

Investasi sebelum usia 30 tahun
Picture by stevepb on pixabay

Seseorang terkadang diliputi oleh rasa bersalah ketika setelah berbelanja sesuatu. Atau terkadang sesorang menjadi ‘kalap’ ketika muncul promo-promo di online ataupun offline store. Hal ini bisa membuat pengeluaran menjadi tidak karuan. Tak jarang juga, uang yang sudah ditabung juga menjadi ‘korban’ dari impulsive buying tersebut. Jika anda pernah atau sedang ada di posisi tersebut, ada sebaiknya anda melakukan detoks keuangan. Berikut adalah pengertiannya menurut koinworks.com

Pengertian Detoks Keuangan

Sama halnya dengan detoks yang dilakukan untuk kesahatan tubuh, detoks keuangan dilakukan dilakukan untuk menghilangkan ‘racun’ yang ada pada kesehatan finansial. Secara garis besar detoks keuangan adalah hal yang dilakukan untuk mengubah tindakan atau tidak mengeluarkan uang secara impulsif yang bisa membuat keuangan menjadi bengkak.

Hal itu terlihat mudah, akan tetapi terkadang seseorang masih merasa kesulitan untuk menahan diri ketika melihat banyak promo di marketplace online ataupun offline. Oleh karena itu, untuk melakukan detoks ini dibutuhkan kemauan dan perencanaan finansial yang baik dan benar.

Baca Juga  Tips Amankan Keuangan di Bulan Ramadhan (Part 2)

Hal tersebut harus dilakukan karena jika berhasil melakukan detoks, stress yang anda dapatkan akan berkurang. Lebih lagi kondisi finansial anda akan jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Cara Kerja dan Macamnya

Dengan melakukan detoks, dompet dan tabungan anda bisa terasa lebih lega. Hal ini disebabkan oleh cara kerja detoks ini yang menekankan pada konfigurasi ulang kebiasaan berbelanja dan cara pandang terhadap keuangan yang anda miliki.

Banyak sekali cara untuk melakukan detoks ini, karena pemilihan cara tergantung pada kondisi dan target keuangan yang anda dambakan. Tahapan detoks keuangan pun berbeda-beda, mulai dari yang sederhana hingga yang ekstrim. Semua tergantung pada jenis pengeluaran apa yang mau dilepas dan berapa banyak uang yang mau disimpan. Berikut adalah macam dari detoks keuangan.

  1. Weekend Financial Detox. Sesuai dengan namanya, detoks dilakukan pada setiap akhir minggu. Selama hari Sabtu dan Minggu tahanlah diri anda untuk tidak melakukan pengeluaran di toko online maupun offline. Anda juga harus menahan diri untuk hangout dengan teman ataupun sekedar beli makan secara online. Anda bisa berhemat dengan cara memasak sendiri atau hangout secara online via media sosial.
  2. Weekday Financial Detox. Ini berkebalikan dengan metode sebelumnya. Anda harus menahan diri untuk tidak mengeluarkan uang selain untuk kebutuhan primer saja. Pada akhir minggu anda bisa menggunakan uang anda untuk relaksasi seperti nonton dengan pasangan atau makan malam bersama.
  3. Every Other Week Financial Detox. Metode ini dilakukan dari minggu ke minggu. Sebagai contoh minggu pertama detoks, minggu kedua tidak detoks. Akan tetapi jangan kalap ketika di minggu yang tidak detoks. Anda harus lebih bijak dalam mengatur pengeluaran anda pada minggu tidak detoks.
  4. 30 Days Financial Detox. Metode ini adalah metode paling ekstrim. Selama 30 hari anda harus bisa menahan diri untuk tidak melakukan belanja apapun. Anda harus menahan diri untuk tidak pergi ke mall, hangout bersama teman, atau membeli video game selama 30 hari. Oleh karena itu anda harus mempersiapkan perencanaan keuangan yang matang sebelum melakukan detoks ini. Anda juga bisa mencoba melakukan detoks ini sekali atau dua kali dalam setahun.
Baca Juga  Kiat Mempersiapkan Detoks Keuangan

Apakah anda sudah siap untuk memiliki kondisi keuangan yang lebih sehat? Yuk detoks keuangan dulu!

 

Harga Emas COMEX Kembali Melonjak

Usai Terperosok, Harga Emas COMEX Kembali Melonjak

Keuntungan detoks keuangan

Keuntungan dari Melakukan Detoks Keuangan