in

Kiat Mempersiapkan Detoks Keuangan

Mempersiapkan detoks keuangan
Picture by fancycrave1 on Pixabay

Detoks keuangan, layaknya detoks pada kesehatan, adalah sesuatu yang bisa anda lakukan untuk membuat kondisi keuangan menjadi sehat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengubah kebiasaan atau dengan menahan diri untuk tidak melakukan pengeluaran secara impulsif. Hal ini terdengar cukup mudah, akan tetapi anda membutuhkan perencanaan yang matang dan kemauan yang kuat untuk keberhasilan detoks keuangan. Berikut adalah kiat-kiat untuk mempersiapkan detoks keuangan anda menurut koinworks.com.

Kiat Mempersiapkan Detoks Keuangan

  1. Siapkan Mental. Sebelum anda melakukan detoks keuangan, ada baiknya anda mempersiapkan mental terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan banyaknya godaan ketika melakukan detoks keuangan. Anda harus selalu ingat akan alasan apa anda melakukan detoks keuangan tersebut. Anda bisa menggunakan kesalahan finansial yang pernah ada sebagai pengingat supaya hal tersebut tidak terjadi lagi. Anda bisa belajar dari kesalahan tersebut dan buatlah hidup anda lebih baik lagi dengan melakukan detoks keuangan.
  2. Buatlan Rencana dan Anggaran Selama Melakukan Detoks dengan Matang. Sebelum anda melakukan detoks keuangan, anda harus mempersiapkan rencana dan anggaran dengan matang. Sebagai contoh, anggaran makan di luar bisa anda alokasikan untuk membeli bahan pokok dan memasak sendiri dari rumah. Buat rencana dan anggaran sedetil mungkin agar bisa terlihat mana pengeluaran yang penting dan tidak.
  3. Tentukan Pengeluaran Mana yang Penting dan yang Tidak Penting. Dalam melakukan detoks keuangan, anda harus bisa memilah mana pengeluaran yang penting dan pengeluaran yang tidak penting. Prioritaskan pengeluaran penting seperti air, biaya tempat tinggal, tagihan bulanan dan lainnya. Setelah anda membayar tagihan tersebut, anda bisa mengalokasikan sisa uang untuk hal lainnya seperti investasi.
  4. Pilih Metode Detoks yang Sesuai dengan Keadaan Finansial. Gunakan metode detoks yang sesuai dengan keadaan finansial anda. Jangan melakukan detoks secara ekstrim jika kondisi finansial anda tidak sesuai. Sebagai contoh anda harus menanggung keluarga atau anda memiliki kondisi kesehatan sehingga harus mengeluarkan dana lebih. Melakukan detoks pada akhir minggu lebih baik daripada tidak melakukan detoks sama sekali, oleh karena itu jangan minder ketika hanya bisa melakukan weekend detox.
  5. Miliki Dana Darurat. Jangan sampai anda tidak punya dana darurat ketika melakukan detoks, karena kita tidak bisa memprediksi kapan terjadinya bencana. Dana darurat harus selalu siap tersedia.
Baca Juga  Sehatkan Finansial Anda Dengan Detoks Keuangan

Itulah kiat-kiat untuk mempersiapkan detoks keuangan. Lakukan detoks keuangan dengan bijak supaya kondisi finansial anda semakin membaik.

Keuntungan detoks keuangan

Keuntungan dari Melakukan Detoks Keuangan

Investasi sebagai sumber penghasilan utama

Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Investasi Tanah