in

Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Investasi Tanah

Investasi sebagai sumber penghasilan utama
Picture by TheDigitalWay on Pixabay

Belakangan ini, semakin banyak jenis investasi yang ada. Contoh investasi tersebut adalah saham, reksadana, emas, properti, sampai tanah. Jika anda dihadapkan dengan pilihan investasi emas dan investasi tanah, mana yang sebaiknya dipilih?

Ketika diberikan pilihan sepertu itu, ada baiknya anda mempertimbangkan sisi keuntungan yang diberikan dan modal yang dibutuhkan. Artikel ini akan membahas seluk beluk dalam berinvestasi tanah.

Investasi tanah sering disebut sebagai jenis investasi yang paling kuno. Hal dikarenakan pada jaman dahulu banyak sekali orang yang mengalokasikan dana yang mereka punya untuk membeli tanah. Setelah itu mereka akan menunggu beberapa waktu untuk menjual tanah tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang diberikan oleh berinvestasi tanah menurut koinworks.com.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tanah

Kelebihan Investasi Tanah

  1. Harga tanah cenderung naik setiap tahun. Jika anda ingin berinvestasi tanah, anda harus memiliki kunci terpenting yaitu sabar. Hal ini dikarenakan harga emas cenderung meningkat tiap tahun. Kebutuhan akan emas meningkat setiap tahun, akan tetapi jumlah tanah yang ada semakin sedikit. Terlebih lagi jika tanah yang anda miliki ada di lokasi strategis. keuntungan yang anda dapatkan bisa meroket tajam.
  2. Tidak perlu perawatan khusus. Investasi tanah tak memerlukan perawatan khusus seperti investasi rumah atau ruko. Ketika berinvestasi tanah anda cukup memberi pagar dan papan petunjuk jika tanah tersebut adalah milik anda.
  3. Tingkat risiko mendekati 0 persen. Menurut banyak ahli investasi, harga tanah sudah terkunci ketika anda membeli tanah tersebut. Harga tersebut dapat dipastikan akan selalu naik, sehingga risiko mengalami kerugian cukuplah kecil, bahkan mendekati 0 persen.
  4. Dapat digunakan sebagai jaminan. Jika anda berinvestasi tanah, anda bisa menggunakan bidang tanah tersebut ketika membutuhkan dana mendesak.
Baca Juga  Plus Minus Peer to Peer Lending Untuk Investor

Kekurangan Investasi Tanah

  1. Modal yang dibutuhkan cukup besar. Untuk banyak orang, melakukan investasi ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Hal ini menyebabkan banyak orang berpaling ke jenis investasi yang lain. Bahkan sudah banyak sekali jenis investasi yang hanya membutuhkan modal Rp100.000 saja.
  2. Kurang likuid. Investasi ini memiliki sifat yang kurang likuid. Maksud dari kurang likuid adalah ketika anda ingin menjualnya, anda tidak bisa langsung mendapatkan uangnya. Anda harus menunggu untuk menemukan pembeli yang cocok untuk mendapat keuntungan dari investasi ini.
  3. Adanya biaya tambahan ketika melakukan transaksi. Ada beberapa aturan ketika melakukan transaksi jual beli tanah. Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya administrasi, biaya pajak, dan terkadang biaya makelar.
Mempersiapkan detoks keuangan

Kiat Mempersiapkan Detoks Keuangan

Berikut adalah 5 faktor yang mempengaruhi harga emas

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas