in

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Berikut adalah 5 faktor yang mempengaruhi harga emas
Picture by hamiltonleen on Pixabay

Belakangan ini, semakin banyak jenis investasi yang ditawarkan. Sebagai contoh terdapat investasi saham, reksadana, emas, properti, sampai tanah. Jika anda diberikan pilihan untuk berinvestasi emas dan tanah, mana yang sebaiknya dijadikan pilihan?

Sebelum memilih ada baiknya anda menentukan dahulu seberapa banyak modal yang dibutuhkan dan keuntungan yang mungkin didapatkan.

Investasi emas adalah jenis investasi yang paling populer dan paling banyak dicari oleh banyak orang. Modal berinvestasi emas tidak sebesar modal untuk berinvestasi tanah. Lebih lagi harga emas juga memiliki kecenderungan untuk mengalami peningkatan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dalam berinvestasi Emas menurut koinworks.com.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas.

Kelebihan Investasi Emas.

  1. Harga tidak terkikis oleh inflasiGrafik harga emas lebih sering menunjukkan mengalami kenaikan daripada penurunan harga. Lebih lagi harga emas memiliki tingkat kestabilan yang tinggi daripada uang yang disimpan dalam bank. Hal ini dikarenakan uang yang disimpan dalam bank rentan terhadap devaluasi.
  2. Tidak ribet ketika melakukan investasi. Investasi emas sangat cocok untuk investor muda yang belum mempunyai pengalaman berinvestasi. Investor pemula tidak perlu khawatir karena investasi ini dinilai lebih aman dan gampang daripada investasi lainnya.
  3. Lebih mudah cair. Tidak seperti investasi tanah, ketika anda membutuhkan dana lebih, anda bisa langsung menjual emas tersebut. Selain itu nilai emas ketika digadaikan juga cukup tinggi, sehingga banyak orang yang berinvestasi emas.
  4. Harga sudah terstandar di seluruh dunia. Jika anda berinvestasi properti atau valas, harga kedua investasi itu akan lebih fluktuatif. Namun emas memiliki harga yang sama dimanapun anda menjualnya.
Baca Juga  Pengaruh Inflasi Terhadap Nilai Uang

Kekurangan Investasi Emas

  1. Kenaikan harga cukup lambat. Harga emas memiliki kecenderungan untuk melambat ketika kondisi ekonomi suatu negara stabil. Lebih lagi anda tidak bisa menentukan harga karena harganya sudah terstandar. Lain halnya dengan investasi tanah yang harganya bisa anda tentukan sesuai dengan lokasi yang ada.
  2. Bukan termasuk investasi jangka pendek. Jika anda berinvestasi emas, jangan berharap anda akan mendapatkan keuntungan yang banyak di bulan berikutnya. Logam mulia ini adalah salah satu instrumen investasi jangka panjang. Anda akan mendapatkan keuntungan yang signifikan paling cepat setelah 2 tahun berinvestasi.
  3. Lebih mudah dicuri. Jika anda membeli emas dalam bentuk fisik, ada baiknya anda lebih berhati-hati ketika menyimpannya. Hal ini dikarenakan emas bisa dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sebaiknya anda membeli brankas dengan keamanan yang cukup tinggi jika anda membeli emas secara fisik.
Investasi sebagai sumber penghasilan utama

Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Investasi Tanah

restrukturisasi kredit

BNI dan BRI Berikan Relaksasi Kredit, Bagaimana Langkahnya?