in

4 Manfaat Fintech yang Anda Harus Tahu

Manfaat Fintech
Picture by TheAngryTeddy on Pixabay

Fintech adalah istilah yang sedang hangat dibicarakan oleh banyak orang, terutama penggiat eknomi dan finansial. Menurut Nationa Digital Research Centre (NDRC), fintech adalah istilah yang digunakan untuk inovasi bidang keuangan yang menggunakan teknologi. Oleh karena banyaknya inovasi yang dibuat oleh fintech, manfaat yang diberikan pun juga banyak.

Fintech telah membuat inovasi yang cukup revolusioner untuk bidang keuangan. Sebagai contoh, transfer danan, pinjaman, pengumpulan dana, hingga pembayaran. Dengan menggunakan fintech, pengelolaan hal-hal tersebut menjadi mudah dan cepat.

Tak ayal jika fintech semakin mendarah daging di kalangan masayarakat. Banyak orang yang sudah merasakan manfaat dari fintech itu sendiri. Berikut adalah manfaat dari fintech yang anda harus tahu menurut koinworks.com.

Manfaat dari Fintech

  1. Start-up baru Menjadi Mudah Berkembang. Dengan adanya fintech, start-up baru akan lebih mudah berkembang. Jika banyak start-up baru bermunculan, semakin banyak pula lowongan untuk orang yang membutuhkan pekerjaan. Selain itu, dengan banyaknya start-up roda perekonomian juga akan lebih cepat berputar.
  2. UMKM Lebih Mudah Mendapatkan Modal. Sebelum maraknya fintech, banyak pengusaha UMKM yang harus melakukan pinjaman di bank untuk modal mereka. Pinjaman di bank memiliki proses yang cukup sulit dan bunga yang diberikan untuk pinjaman tersebut juga cukup besar. Akan tetai, sejak maraknya fintech, pelaku UMKM menjadi mudah untuk mendapatkan modal melalui P2P Lending atau crowdfunding. Akan tetapi, pilihlah tempat P2P lending atau crowdfunding yang sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk keamanan.
  3. Layanan Finansial Lebih Mudah. Sejak adanya fintech, pelayanan finansial menjadi semakin mudah. Sebagai contoh, anda tidak perlu ke bank atau ATM untuk mentransfer uang, anda bisa mentransfer via mobile banking di ponsel anda. Selain itu pembayaran tagihan bulanan seperti BPJS, listrik, air pun makin mudah.
  4. Taraf Hidup Meningkat. Semakin banyaknya start-up online, taraf hidup seseorang bisa meningkat. Sebagai contoh, semakin banyaknya start-up dalam bentuk marketplace online. Dengan banyaknya marketplace tersebut, otomatis penjualan merchant online pun makin laris.
Baca Juga  Cara Terbebas dari Himpitan Generasi Sandwich
Pengertian fintech

Pengertian Fintech, Inovator Bidang Finansial

Harga Emas merosot

5 Kesalahan Ketika Investasi Emas Yang Sering Terjadi