in

5 Kesalahan Ketika Investasi Emas Yang Sering Terjadi

Harga Emas merosot

Emas adalah salah satu jenis investasi yang paling banyak diminati oleh banyak orang. Emas juga sering disebut sebagai aset safe haven atau aset yang memiliki nilai risiko rendah. Lebih lagi nilai harga emas yang cenderung mengalami penguatan dalam jangka panjang, sehingga keuntungan yang didapatkan pun makin besar. Akan tetapi banyak sekali kesalahan ketika seorang investor, terutama investor pemula, ketika berinvestasi emas. Berikut adalah kesalahan yang sering dilakukan disaat melakukan investasi emas yang dilansir dari koinworks.com.

Kesalahan Ketika Melakukan Investasi Emas

  1. Lupa Mengecek Kemurnian Emas. Kesalahan yang paling sering terjadi ketika berinvestasi emas adalah lupa mengecek kemurnian emas tersebut. Sebaiknya jangan melakukan investasi emas dalam bentuk perhiasan karena terkadang ada campuran logam lain yang mengurangi kemurnian emas. Investasi emas yang paling layak dilakukan adalah melakukan investasi emas batangan. Hal ini dikarenakan emas batangan adalah emas murni yang tidak memiliki campuran apa-apa di dalamnya. Pilihlah emas yang mempunyai sertifikat Antam 99.99 persen yang ada di butik Antam atau pegadaian.
  2. Tidak Melakukan Pebandingan Harga. Ketika anda hendak melakukan pembelian emas batangan, ada baiknya anda jangan terlalu tergesa-gesa. Anda bisa melakukan perbandingan harga di tempat terpercaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini perlu dilakukan terutama oleh investor pemula yang tidak mengikuti perkembangan harga emas.
  3. Tidak Melakukan Pemantauan Harga. Pemantauan harga disaat berinvestasi adalah hal yang sangat penting. Anda harus selalu melihat pergerakan harga emas untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Jangan sampai anda melakukan penjualan harga emas disaat harganya di bawah harga beli.
  4. Tempat Penyimpanan yang Kurang Layak. Jika anda sudah membeli emas batangan, ada baiknya anda juga membeli tempat penyimpanan yang layak. Hal ini dikarenakan emas mudah dipindahkan sehingga memiliki risiko dicuri lebih besar. Selain membeli tempat penyimpanan, anda juga bisa menyimpan emas tersebut di pegadaian.
  5. Tujuan Investasi yang Tidak Pas. Jangan melakukan investasi emas jika anda hanya berpikir untuk melakukan investasi jangka pendek. Hasil cuan investasi emas bisa didapatkan secara maksimal jika investasi dilakukan di atas 2 tahun.
Baca Juga  Jangan Sampai Keliru! Bedakan Antara Investasi Saham dan Trading Saham (Part 2)

 

Manfaat Fintech

4 Manfaat Fintech yang Anda Harus Tahu

Plus Minus Investasi Emas dan Dollar

Plus Minus Investasi Emas dan Dollar