in

Tips Investasi Untuk Aparatur Sipil Negara

Tips Investasi Untuk Aparatur Sipil Negara
Picture by luxstorm on Pixabay

Memang Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki penghasilan yang stabil dan aman. Akan tetapi sebaiknya jangan terlalu mengandalkan gaji tersebut. Banyak ASN yang memang sudah merencanakan melakukan investasi. Hal ini dikarenakan semua keistimewaan yang mereka dapatkan belum tentu membuat kehidupan di masa pensiun terjamin. Banyak sekali jenis investasi yang cocok untuk Aparatur Sipil Negara.

Inflasi adalah momok untuk semua orang. Dengan adanya inflasi harga barang sekarang dan harga barang 10 tahun yang akan datang akan berubah drastis. Ini membuat nilai mata uang menjadi turun. Oleh karena itu, ASN harus tetap berinvestasi walaupun sudah mendapat dana pensiun sebagai jaminan hari tua. Sebelum anda melakukan investasi, berikut adalah tips investasi untuk Aparatur Sipil Negara menurut koinworks.com.

Tips Investasi Untuk Aparatur Sipil Negara

  1. Mulai dengan Modal kecilJangan langsung mengucurkan semua dana anda unduk melakukan investasi. Anda bisa melakukan investasi sedikit dahulu untuk berlatih. Selain itu banyak juga jenis investasi yang membutuhkan modal kecil. Anda bisa mencoba untuk berinvestasi reksa dana atau Peer to Peer Lending. Selain itu berinvestasi dengan modal kecil dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri anda. Mindset percaya dir sangat penting bagi investor. Jika anda sudah percaya diri dengan melakukan investasi modal kecil, anda bisa meningkatkan modal anda untuk berinvestasi lebih besar.
  2. Jangan Terlalu Dimonitor. Sebagai ASN, anda pasti memiliki workload yang cukup besar. Oleh karena itu, pilihlah investasi jangka panjang yang tidak perlu dimonitor setiap hari. Jika anda memilih investasi jangka panjang, anda bisa memantau investasi anda sebulan sekali sehingga tidak mengganggu pekerjaan anda.
  3. Buatlah Pemetaan Jenjang Karir. Jika jenjang karir sudah dipetakan, anda bisa memperkirakan jangka waktu dan jenis investasi yang diinginkan. Jika anda masih golongan rendah, anda bisa memulai investasi dengan modal kecil terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan masa pensiun yang aman dan nyaman.
  4. Konsisten. Tips terakhir ini tidak hanya untuk ASN saja, namun untuk semua orang yang berminat melakukan investasi. Anda harus selalu konsisten dan disiplin ketika berinvestasi. Jangan merasa sudah aman dan menghentikan investasi di tengah jalan. Anda harus konsisten dalam mengalokasikan gaji anda di awal bulan, jangan menunggu di akhir bulan karena gaji tersebut pasti habis.
Baca Juga  4 Faktor Penentu Harga Berlian

Bagaimana para Aparatur Sipil Negara? Sudah siap untuk berinvestasi?

Plus Minus Investasi Emas dan Dollar

Plus Minus Investasi Emas dan Dollar

Saham Lq45

Referensi Saham Pembuka Perdagangan Minggu Ini