in

Prinsip Pareto Untuk Manajemen Finansial Anda

Investasi Prinsip Pareto
Picture by Tumisu on Pixabay

Prinsip 80/20 atau Prinsip Pareto adalah strategi yang dapat membantu anda untuk lebih fokus terhadap hal-hal yang lebih penting. Prinsip ini menyatakan bahwa 80 persen hasil berasal dari 20 persen usaha yang dilakukan. Prinsip ini bisa anda terapkan di berbagai aspek kehidupan, seperti bekerja dan finanial. Oleh karena itu anda bisa mendapatkan sesuatu yang lebih dengan menggunakan prinsip Pareto untuk manajemen finansial anda. Berikut adalah cara untuk menerapkan prinsip 80/20 di kehidupan finansial anda menurut koinworks.com.

Prinsip Pareto Untuk Manajemen Finansial Anda

  1. Alokasikan Dana Secara Konsisten. Kunci dari melakukan prinsip ini adalah mengalokasikan 20 persen gaji untuk disimpan dan 80 persen untuk kehidupan sehari-hari. Anda bisa memulai dengan menggunakan sistim auto debit yang ada di bank untuk menyimpan uang anda secara langsung. Jika tidak bisa, anda harus menyimpan uang anda secara konsisten. Sebaiknya anda memiliki 2 rekening untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengalokasian tabungan.
  2. Atur Dana yang Dialokasikan Dengan Baik. Setelah anda sudah mempunyai dana dari prinsip 80/20, anda bisa membagi lagi dana 20 persen tersebut. Anda bisa gunakan 10 persen untuk berinvestasi dan 10 persen untuk dana darurat. Anda harus memiliki dana darurat untuk berjaga-jaga jika ada kejadian yang tidak terduga. Dengan adanya dana darurat, tabungan anda tidak terusik. Anda disarankan melakukan investasi untuk menambah penghasilan anda untuk melindungi diri dari inflasi. Anda bisa menentukan pilihan investasi sesuai dengan target dan kemampuan anda.
  3. Menghemat Sisa Dana 80 Persen. Sisa dana 80 persen biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekunder. Anda bisa menghemat dana sisanya dengan cara-cara tertentu. Sebagai contoh anda bisa membawa bekal untuk ke kantor atau membawa minum sendiri ketika jalan-jalan.
  4. Coba Lebih. Prinsip 80/20 adalah batas minimum. Jika anda sudah memiliki pendapatan yang lebih, anda bisa mengalokasikan pendapatan anda menjadi 70/30 atau 60/40. Lebih banyak dana yang anda sisihkan, kesempatan anda untuk mendapatkan financial freedom di masa depan juga makin besar.
Baca Juga  Review Broker: Mandiri Sekuritas
Investasi sebagai sumber penghasilan utama

Melakukan Investasi Sebagai Sumber Penghasilan Utama

Segere berinvestasi

3 Alasan Kenapa Anda Harus Segera Berinvestasi