in

Reksa Dana atau Saham? Ingat 3 Faktor Sebelum Memilih

Saham pilihan menopang IHSG
Photo by Lukas Blazek on Unsplash

Sebelum seorang investor memilih akan melakukan investasi reksa dana atau saham, ada baiknya pertimbangkan dahulu 3 faktor penting ini. Faktor penting yang pertama adalah risiko yang siap diterima ketika melakukan investasi tersebut. Faktor kedua adalah tentukan tingkat pengembalian yang anda inginkan. Untuk faktor yang ketiga adalah biaya yang siap anda tanggung ketika melakukan investasi tersebut.

Untuk mempelajari lebih lanjut lagi, berikut adalah penjelasan akan faktor-faktor sebelum memilih untuk berinvestasi saham atau reksa dana yang dilansir oleh koinworks.com.

Faktor yang Harus Diingat Sebelum Memilih Reksa Dana atau Saham

  1. Risiko yang Siap Diterima Ketika Berinvestasi. Mungkin sudah menjadi rahasia umum juka melakukan investasi saham jelas memiliki risiko yang lebih besar daripada reksa dana. Akan tetapi investasi saham adalah investasi high risk high return, oleh karena itu hasil yang didapatkan dari berinvestasi saham lebih besar daripada reksa dana. Reksa dana adalah jenis investasi yang dinilai lebih rendah risiko daripada saham. Hal ini dikarenakan di investasi reksa dana, dana yang dialokasikan investor akan diurus dan dikelola oleh Manajer Investasi (MI). MI akan membantu membuat keputusan untuk memilih investasi yang dibeli dan persentasenya.
  2. Tingkat Pengembalian yang Diinginkan. Jika anda sudah paham akan risiko yang ada, anda bisa memilih tingkat pengembalian yang diinginkan. Seperti dijelaskan sebelumnya, investasi saham adalah jenis investasi high risk high return. Saham memiliki nilai pengembalian yang lebih besar ketimbang reksa dana, akan tetapi risiko yang diterima juga lebih besar. Hal ini dikarenakan harga saham lebih cenderung untuk fluktuatif sehingga memperbesar terjadinya untung dan rugi.
  3. Biaya yang Siap Ditanggung Ketika Berinvestasi. Ketika melakukan investasi reksa dana, dana yang dibutuhkan tidaklah banyak. Seorang investor bisa berinvestasi reksa dana dengan modal mulai Rp100.000. Sedangkan untuk saham, modal awal yang harus disiapkan cukup besar, yaitu sekitar Rp5 juta. Oleh karena itu, anda harus mempersiapkan dana yang sesuai dengan kondisi finansial anda.
Baca Juga  3 Tips Mulai Berinvestasi Untuk Karyawan
Saham yang Menguat dan Melemah

Perbedaan Mendasar Saham dan Reksa Dana

pengaruh investasi terhadap finansial

Pengaruh Investasi Terhadap Kehidupan Finansial