in

Pengaruh Investasi Terhadap Kehidupan Finansial

pengaruh investasi terhadap finansial
Photo by Allie Smith on Unsplash

Kehidupan kita selalu diliputi dan dipengaruhi oleh keuangan. Banyak orang yang mendambakan memiliki kehidupan keuangan atau finansial yang baik. Jika anda ingin memiliki kehidupan keuangan yang baik, banyak hal yang harus dipenuhi. Contohnya adalah pekerjaan yang baik, gaji yang meningkat, penghematan. Namun banyak orang yang terlupa untuk melakukan investasi. Padahal investasi memiliki pengaruh yang cukup besar untuk kehidupan finansial anda.

Banyak orang yang beranggapan bahwa berinvestasi hanya cocok untuk orang kaya saja sehingga membuat orang takut untuk mencoba. Selain itu, ada juga orang yang menganggap remeh akan investasi.  Sebagai contoh, ketika seseorang memiliki gaji yang cukup, mereka sering berpikir bahwa investasi itu tidak diperlukan. Padahal dengan melakukan investasi, kehidupan finansial juga bisa makin membaik. Berikut adalah pengaruh investasi terhadap kehidupan finansial seseorang menurut koinworks.com.

Pengaruh Investasi Terhadap Kehidupan Finansial Sesorang

Ketika seseorang melakukan invetasi, orang tersebut akan memiliki kesempatan baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terlebih jika seseorang melakukan investasi jangka panjang dari usia muda, maka hasil di masa depan pun akan makin besar. Selain investasi yang berjangka panjang, ada pula investasi jangka pendek Investasi ini membutuhkan waktu yang tak terlalu panjang, sehingga keuntungan yang anda dapatkan juga makin cepat.

Baca Juga  Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Investasi Asuransi Unit Link

Investasi memang tidak bebas risiko dan tiap instrumen investasi memiliki risikonya sendiri-sendiri. Anda bisa mengira-ngira untuk kemampuan anda untuk menerima risiko, sehingga anda bisa melakukan investasi dengan lebih tenang. Ada baiknya juga jika anda mencoba berbagai macam instrumen investasi. Dengan memahami risiko dari tiap instrumen investasi, kebijakan anda dalam mimilih instrumen investasi juga akan terpengaruh.

Selain tambahan pemasukan, berinvestasi juga memiliki nilai positif lain dalam kehidupan finansial anda. Hal ini bisa dilihat ketika anda harus menyisihkan dana dari gaji anda untuk berinvestasi. Tapi, jangan sampai anda menggunakan tabungan anda untuk berinvestasi. Anda tetap harus memiliki dana darurat untuk bersiap-siap jika ada sesuatu yang tidak terduga terjadi. Hal tersebut akan membuat anda menjadi lebih kritis dalam mengatur kehidupan finansial anda.

 

Saham pilihan menopang IHSG

Reksa Dana atau Saham? Ingat 3 Faktor Sebelum Memilih

Risk tolerance

Kiat Investasi Menggunakan Risk Tolerance