in

Pengertian Surat Utang Negara (SUN)

Surat Utang Negara
Photo by bruce mars on Unsplash

Surat Utang Negara (SUN) adalah salah satu jenis investasi yang sedang banyak dibicarakan oleh khalayak ramai. Hal ini dikarenakan SUN memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Faktor itu menjadi faktor utama mengapa instrumen investasi ini diminati oleh kalangan umum.

Akan tetapi, banyak yang belum paham akan pengertian dari SUN itu sendiri. Artikel yang dilansir dari koinworks.com ini akan membantu anda untuk memahami apa pengertian dan tujuan dari investasi ini.

Pengertian dan Tujuan Surat Utang Negara (SUN)

Pengertian Surat Utang Negara

Surat Utang Negara adalah surat berharga yang berbentuk surat pengakuan utang dalam mata uang. Mata uang yang digunakan bisa rupiah atau mata uang valuta asing yang pembayaran bunga dan pokoknya dijamin oleh Indonesia. Jaminan ini disesuaikan dengan masa berlakunya surat utang tersebut.

Pengelolaan surat utang ini sudah diatur di Undang-Undang Nomor 24 tahun 2002 tentang Surat Utang Negara. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa:

  1. Surat Utang Negara diterbitkan dengan tujuan-tujuan khusus.
  2. Pemerintah memiliki kewajiban untuk membayar bunga dan pokok SUN pada saat jatuh tempo.
  3. Jumlah SUN yang dirilis tiap tahun harus mendapatkan persetujuan dari DPR dan harus dimusyawarahkan dahulu dengan Bank Indonesia (BI).
  4. Penjualan dan pembelian SUN akan diawasi oleh instansi yang berwenang.
  5. Jika ada pemalsuan SUN atau penerbitan SUN oleh pihak yang tidak berwenang, akan ada sanksi hukum yang berat dan tegas.
Baca Juga  3 Jenis Investasi di Masa Pandemi Covid-19

Tujuan Surat Utang Negara

Ketika negara menerbitkan surat utang ini, negara harus memiliki tujuan tertentu. Surat ini tidak bisa dikeluarkan tanpa adanya tujuan khusus. Berikut adalah tujuan dirilisnya surat utang ini.

  1. Pembiayaan defisit APBN.
  2. Menutup kekurangan di bagian kas jangka pendek.
  3. Pengelolaan portofolio utang negara.

Pemerintah pusat memiliki hak untuk merilis SUN setelah adanya persetujuan dari DPR. Persetujuan tersebut disahkan di kerangka pengesahan APBN setelah adanya musyawarah dengan Bank Indonesia.

Mewujudkan mimpi dengan berinvestasi

Cara Berinvestasi Untuk Mewujudkan Mimpi

Jenis Surat Utang Negara

Jenis Surat Utang Negara yang Harus Diketahui