in

Jenis Surat Utang Negara yang Harus Diketahui

Jenis Surat Utang Negara
Photo by Agefis on Unsplash

Belakangan ini, instrumen investasi Surat Utang Negara (SUN) semakin diminati oleh masyarakat. Hal yang menarik minat masyarakat terhadap investasi ini adalah tingkat keamanan investasi ini cukup tinggi. Tapi mungkin banyak dari anda yang masih belum tahu akan jenis Surat Utang Negara yang ada.

Sebelumnya, ada baiknya kita mengetahui definisi dari surat utang ini. Surat Utang Negara (SUN) adalah surat berharga yang berbentuk surat pengakuan utang dalam mata uang. Mata uang yang digunakan bisa rupiah atau mata uang valuta asing yang pembayaran bunga dan pokoknya dijamin oleh Indonesia. Jaminan ini disesuaikan dengan masa berlakunya surat utang tersebut.

Ada berbagai macam Surat Utang Negara yang ada. Berikut adalah macam-macam surat berharga dan penjelasannya menurut koinworks.com.

Jenis Surat Utang Negara

Menurut Undang-Undang Nomor 24 tahun 2002, SUN memiliki 2 macam:

  1. Surat Perbendaharaan Negara (SPN). Surat ini adalah surat utang yang memiliki jangka waktu maksimal 12 bulan dan memiliki jenis pembayaran bunga secara diskonto. Beberapa negara menyebut surat ini sebagai Treasury Bills atau T-Bills. Jenis SUN ini sering ditujukan untuk para investor yang memiliki dana besar.
  2. Obligasi Negara. Obligasi Negara dalah SUN yang memiliki jangka waktu lebih dari 12 bulan dengan kupon atau pembayaran bunga secara diskonto. Obligasi negara memiliki adwal pembayaran kupon secara periodik (1, 3, atau 6 bulan sekali).
Baca Juga  4 Tips Mempersiapkan Dana Darurat

Selain itu Obligasi Negara ada yang tidak memiliki kupon. Ada 3 jenis obligasi negara yang dijual secara ritel. Berikut adalah jenisnya:

  • Obligasi Ritel Indonesia (ORI). ORI adalah obligasi ritel tertua yang ada di Indonesia. Jenis SUN ini pertama kali dirilis pada tahun 2006. Tiap tahun biasanya dirilis 1-2 jenis ORI.
  • Saving Bond Ritel (SBR). Obligasi ini biasanya dijual untuk individu atau Warga Negara Indonesia (WNI). SBR biasanya dijual melalui Mitra Distribusi di Pasar Pedana domestik. Surat ini tidak bisa dijual di pasar sekunder.
  • Sukuk Ritel (SR). SR adalah Obligasi Negara yang dijual untuk individu atau Warga Negara Indonesia, namun yang membedakan adalah fundamental SR adalah syariah. JSR juga sudah disertifikasi dan dijamin oleh MUI.
Surat Utang Negara

Pengertian Surat Utang Negara (SUN)

Saham Pilihan Pada Pembukaan Perdagangan

5 Cara Perkuat Pondasi Keuangan Anda