in

Cara Ampuh Investasi bagi Freelancer

Cara Investasi untuk freelancer
Photo by Manny Pantoja on Unsplash

Freelancer atau pekerja lepas adalah adalah pekerja yang bekerja secara independen dan tidak berkomitmen kepada suatu perusahaan dengan jangka waktu tertentu. Oleh karena itu gaji yang didapat juga tergantung dari client yang ada. Seorang freelancer harus bisa melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Jika seorang freelancer tidak memiliki tata kelola keuangan yang baik, pengeluaran bisa menjadi tak terkendali sehingga tidak bisa melakukan investasi. Supaya sukses dalam melakukan investasi, berikut adalah cara ampuh untuk investasi bagi freelancer menurut koinworks.com.

Cara Ampuh Investasi Untuk Freelancer

  1. Atur Pengeluaran Anda. Salah satu langkah yang paling krusial untuk mengelola keuangan anda adalah dengan meminimalisir pengeluaran anda. Sebisa mungkin jangan sampai anda melakukan pengeluaran yang tidak terduga. Pengeluaran yang dimaksud adalah pengeluaran untuk hal-hal trivial, bukan untuk biaya sewa atau gaji karyawan.
  2. Lakukan Diversifikasi. Ketika anda berinvestasi, jangan mengalokasikan semua dana anda di satu jenis investasi. Sebisa mungkin sebarlah investasi ke berbagai instrumen investasi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko investasi.
  3. Melakukan Investasi di Bisnis Anda. Anda bisa melakukan investasi ke bisnis anda sendiri. Karena faktor utama dari firma yang sukses adalah pemodalan yang cukup kuat untuk menunjang finansial. Anda bisa melakukan iklan, pemasaran bisnis, dan perlengkapan untuk menunjang pekerjaan.
  4. Melakukan Investasi di Usaha yang Lebih Kecil. Selain berinvestasi terhadap bisnis anda sendiri, anda bisa melakukan investasi di bisnis kecil lainnya. Anda bosa melakukan investasi ke waralaba atau start-up lainnya.
  5. Asuransi adalah Kewajiban. Anda harus memiliki asuransi kesehatan dan jiwa untuk melindungi diri anda sendiri. Asuransi berfungsi untuk membantu biaya rumah sakit atau adanya keadaan darurat. Jika anda tidak mempunyai asuransi, bisa saja harta anda akan habis akibat membayar biaya rumah sakit. Bahkan, bisa saja anda harus berhutang untuk membayar biaya rumah sakit anda.
  6. Carilah Sumber Penghasilan Lain. Anda bisa mencoba untuk mencari sumber pendapatan yang lain. Jika anda memiliki ruangan kosong, anda bisa menyewakan ruangan yang ada untuk memberikan penghasilan tambahan.
Baca Juga  3 Cara untuk Menjaga Data Pribadi Anda Dengan Hati-hati
Tips investasi generasi milenial

Tips Investasi Untuk Generasi Milenial

Tipe Investasi Freelancer

Tipe Investasi yang Cocok bagi Freelancer