in

Strategi Investasi yang Pemula Harus Ingat

Strategi investasi pemula
Photo by Startaê Team on Unsplash

Ketika melakukan investasi, banyak investor pemula yang masih belum paham bagaimana cara memulainya. Karena masih belum paham akan cara kerjanya, banyak investor muda yang makin ragu untuk melakukan investasi. Padahal ada beberapa strategi dalam berinvestasi yang dapat membantu para investor pemula untuk memulai berinvestasi. Berikut adalah strategi investasi yang harus diingat oleh investor pemula yang dilansir oleh koinworks.com.

Strategi Investasi bagi Investor Pemula

  1. Keuntungan dari Bunga Majemuk. Bunga majemuk adalah bunga yang dapat menghasilkan bunga lagi. Sebagai contoh, anda melakukan investasi sebanyak Rp1 juta dan memilih investasi yang menghasilkan bunga 10 persen dalam satu tahun. Anda akan mendapatkan uang sebanyak Rp1,1 juta di tahun depan. Pada tahun selanjutnya, uang yang dialokasikan pada investasi bukanlah Rp1 juta, namun Rp1,1 juta. Oleh karena itu keuntungan yang anda dapatkan pada tahun kedua adalah Rp1,21 juta. Oleh karena itu bunga majemuk adalah hal yang paling menguntungkan dalam berinvestasi. Oleh karena itu, ada baiknya investor muda harus segera melakukan investasi sejak dini. Hal ini dikarenakan jika anda semakin lama berinvestasi, bunga majemuk yang dihasilkan juga makin besar.
  2. Alokasi Aset itu Penting. Strategi investasi lain yang harus diingat adalah pengalokasian aset yang dinilai cukup penting. Pengalokasian aset adalah penyebaran aset yang anda miliki ke berbagai macam instrumen investasi. Dana anda akan dialokasikan sesuai dengan profil risiko yang anda miliki serta banyaknya modal yang ada. Selain itu pengalokasian aset menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat pengembalian di masa depan.
  3. Pilihlah Pengalokasian Aset yang Tepat. Ketika anda mengalokasikan aset, anda harus disesuaikan dengan risiko, modal, dan jangka waktu yang ada. Sebagai contoh, jika anda memiliki tingkat risiko yang tinggi dan dana yang cukup besar, anda bisa memilih melakukan investasi saham. Sesuaikan alokasi aset anda dengan kemampuan yang ada.
Baca Juga  Pemerintah Janjikan Revisi 72 UU, Investasi Jadi Sorotan Jokowi
persiapan investasi pensiun

5 Investasi Jangka Panjang Untuk Persiapan Pensiun

Gagal investasi

3 Tabiat Manusia yang Berbahaya Untuk Investasi Anda