in

3 Tabiat Manusia yang Berbahaya Untuk Investasi Anda

Gagal investasi
Photo by Nik Shuliahin on Unsplash

Tiap orang pasti memiliki tabiat yang berbeda-beda. Tabiat tersebut terkadang dilakukan untuk menghindari ancaman atau demi keselamatan. Akan tetapi ada beberapa tabiat yang cukup berbahaya ketika dilakukan. Lebih lagi tabiat itu juga bisa membahayakan investasi anda. Berikut adalah tabiat manusia yang bisa membahayakan investasi anda yang dilansir oleh koinworks.com.

3 Tabiat Manusia yang Berbahaya Untuk Investasi

  1. Sifat Konsumtif. Sifat mengkonsumsi sesuatu adalah hal yang lumrah dilakukan oleh manusia. Hal ini dilakukan untuk bertahan hidup, lebih lagi jika benda yang akan dikonsumsi mudah busuk seperti makanan. Akan tetapi, sifat ini juga berupa pisau bermata ganda karena sifat ini hanya berfokus pada kelangsungan hidup jangka pendek saja. Akibat dari hal ini adalah anda tidak bisa menyisihkan uang anda untuk ditabung dan diinvestasikan untuk masa depan anda. Sebisa mungkin hindarilah sifat seperti ini dan mulailah sisihkan sebagian dari penghasilan anda untuk kebutuhan anda di masa depan. Konsumsilah segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan dan berusalah tidak menghamburkan uang anda untuk kebutuhan tersier.
  2. Suara Mayoritas adalah Absolut. Manusia adalah makhluk sosial dan harus hidup secara berkelompok dan bekerja sama. Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap bahwa suara mayoritas adalah suara yang benar. Hal itu lumrah saja, akan tetapi jangan sampai itu mengganggu kehidupan pribadi anda. Hal ini juga bisa terjadi di kehidupan berinvestasi. Sebagai contoh anda hanya memilih produk investasi berdasarkan rekomendasi orang dan menjualnya ketika orang lain menjual produk investasi tersebut. Sebagai investor anda harus bisa membaca kerumunan dan membuat keputusan berdasarkan ilmu dan pendekatan yang anda miliki.
  3. Menghindari Risiko. Menghindari risiko adalah hal yang wajar, akan tetapi anda tidak bisa selalu menghindari risiko. Semua yang dilakukan di dunia ini pasti memiliki risikonya sendiri, tak terkecuali ketika berinvestasi. Ketika anda ragu berinvestasi karena ingin menghindari risiko, uang yang anda tabung bisa saja kehilangan nilainya akibat inflasi yang terjadi. Oleh karena itu anda harus mencoba mengambil risiko ketika berinvestasi walaupun risiko itu kecil.
Baca Juga  Risiko Investasi Bitcoin

 

Strategi investasi pemula

Strategi Investasi yang Pemula Harus Ingat

investasi properti yang profitable

3 Investasi Properti yang Profitable