in

5 Kesalahan Dalam Membuat Pilihan di Investasi

Kesalahan memilih investasi
Photo by taha ajmi on Unsplash

Melakukan pilihan dalam berinvestasi adalah hal yang krusial. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang anda inginkan ketika melakukan pilihan tersebut. Akan tetapi jangan sampai pilihan yang anda lakukan membuat anda menjadi besar kepala. Ketika anda besar kepala anda bisa saja mengambil pilihan yang tidak tepat yang bisa membuat kerugian dalam berinvestasi. Berikut adalah kesalahan yang biasa terjadi dalam membuat pilihan ketika investasi menurut koinworks.com.

5 Kesalahan Membuat Pilihan di Investasi

  1. Melupakan Jenis Investasi Lain. Bisa saja pada saat ini anda sedang melakukan investasi yang cukup profitable. Bisa saja pada saat itu anda malah melupakan jenis investasi yang lain. Ada baiknya anda terus mengembangkan investasi anda. Jangan sampai anda hanya terpaku pada satu jenis investasi saja. Karena jika anda melakukan diversifikasi, keuntungan yang bisa anda dapatkan juga semakin besar.
  2. Terlalu Agresif Dalam Menentukan Pilihan. Pasar saham adalah salah satu jenis investasi yang memiliki profit paling besar. Akan tetapi anda harus berhati-hati dalam memilih karena risiko yang ada juga besar. Oleh karena itu anda harus bisa menentukan piliihan sesuai dengan kemampuan anda. Jika anda sudah ada di masa pensiun, carilah investasi jangka pendek saja. Jika anda memiliki tingkat risiko yang rendah, hindari melakukan investasi di bidang saham.
  3. Mengambil Risiko terlalu Besar. Mengambil risiko adalah hal yang selalu dilakukan di kehidupan manusia. Akan tetapi anda juga harus tahu batasan risiko anda sampai di mana. Sebagai contoh, anda nyaman melakukan investasi saham yang notabene memiliki tingkat risiko yang tinggi. Anda harus mengkombinasikan investasi anda dengan investasi yang memiliki tingkat risiko rendah seperti emas atau reksa dana.
  4. Tidak Pernah Evaluasi Investasi. Ketika anda besar kepala, ada kemungkinan anda akan jarang melakukan evaluasi terhadap investasi anda. Padahal jika anda tidak melakukan investasi, anda tidak bisa tahu akan kelemahan investasi yang anda lakukan. Selain itu anda juga tidak bisa melihat apakah portofolio anda seimbang atau tidak.
  5. Melewatkan Investasi yang Ada. Ketika anda besar kepala, terkadang anda bakal melewatkan investasi lain yang lebih profitable. Anda bisa saja melewatkan investasi lain karena terlalu percaya diri dengan investasi yang anda miliki. Anda harus ingat bahwa diversifikasi adalah hal yang penting dalam berinvestasi.
Baca Juga  Tips Memilih Kartu Kredit yang Tepat
investasi properti yang profitable

3 Investasi Properti yang Profitable

Peluang Bisnis Mobil di Tengah Pendemi Covid-19

Peluang Bisnis Mobil di Tengah Pendemi Covid-19