in

5 Investasi Ketika Rupiah Sedang Melemah

Investasi ketika Rupiah melemah
Photo by William Iven on Unsplash

Ditengah badai pandemi Corona yang tak kunjung usai, rupiah mengalami pelemahan yang tak kunjung usai. Pelemahan rupiah terus terjadi terhadap USD dan membuat banyak orang menjadi enggan berinvestasi. Banyak investor yang menjadi bingung untuk memilih investasi ketika rupiah sedang melemah. Akan tetapi, masih ada beberapa investasi yang masih bisa dilakukan disaat rupiah mengalami pelemahan. Berikut adalah pilihan investasi yang bisa dilakukan menurut koinworks.com.

5 Investasi Ketika Rupiah Melemah

  1. Emas. Emas adalah salah satu investasi safe haven atau investasi yang memiliki tingkat risiko yang cukup rendah. Lebih lagi, harga emas akan mengalami penguatan ketika harga rupiah menurun. Hal ini membuat emas menjadi investasi yang cukup menjanjikan. Emas adalah investasi yang bisa melindungi kekayaan anda saat mata uang mengalami pelemahan.
  2. SahamSaham adalah salah satu investasi yang bisa dilakukan ketika rupiah melemah, akan tetapi anda harus ingat bahwa tidak semua jenis saham cocok dilakukan. Ada beberapa jenis saham yang bakal mengalami pelemahan seiring dengan melemahnya rupiah. Sebagai contoh adalah saham yang bergerak di sektor impor. Akan tetapi jenis saham pertambangan dan perkebunan akan mengalami peningkatan disaat rupiah melemah.
  3. Investasi Properti. Properti adalah salah satu investasi yang paling banyak dilakukan karena banyaknya permintaan. Hal ini membuat harga properti akan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Akan tetapi anda harus ingat bahwa investasi ini adalah investasi jangka panjang. Anda bisa mendapatkan profit yang lebih jika anda berinvestasi dalam jangka panjang.
  4. Peer-to-Peer Lending (P2P Lending). P2P lending adalah investasi dimana investor akan meminjamkan uang anda untuk pengembangan usaha sesorang. Di saat anda melakukan investasi ini, anda akan mendapatkan keuntungan berupa bunga yang dibayarkan oleh pihak debitur.
  5. Tabungan Dolar. Banyak bank yang sudah menyediakan tabungan dalam bentuk dolar. Hal ini bisa dilakukan untuk mengamankan kekayaan rupiah disaat rupiah mengalami pelemahan melawan USD. Anda bisa menyimpan dolar anda dan ditukarkan ketika rupiah mengalami pelemahan.
Baca Juga  Tips Menguntungkan Investasi Bagi PNS
5 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan

5 Tips Menyiapkan Tabungan Pendidikan

4 manfaat investasi saham untuk millenial

4 Manfaat Menabung Investasi Saham Untuk Millenial