in

5 Investasi yang Cocok Untuk Fresh Graduate

Investasi Fresh Graduate
Photo by MD Duran on Unsplash

Fresh graduate adalah seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikan tingkat S-1 mereka. Banyak lulusan S-1 yang berusaha untuk mengumpulkan dana demi memperoleh mimpi yang sudah diidamkan. Banyak dari mereka yang mencoba mencapai target keuangan yang mereka inginkan melalui menabung. Padahal jika uang tersebut hanya ditabung, nilainya bisa turun karena adanya inflasi yang terjadi. Ada baiknya para fresh graduate mencoba berinvestasi untuk masa dapan mereka. Berikut adalah investasi yang cocok untuk fresh graduate seperti yang dilansir oleh koinworks.com.

Investasi bagi Fresh Graduate

  1. Peer-to-Peer Lending (P2P Lending). Investasi P2P Lending adalah salah satu investasi yang bisa dilakukan oleh fresh graduate. Hal ini dikarenakan P2P lending membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Dana yang dibutuhkan untuk melakukan investasi ini dimulai dari Rp100.000. Oleh karena itu investasi ini cocok dilakukan oleh para fresh graduate.
  2. Investasi ObligasiInvestasi obligasi adalah investasi yang berbentuk surat utang dan memiliki jangka waktu yang cukup panjang. Surat utang ini biasanya dirilis oleh pemerintah atau perusahaan swasta. Hal ini cocok dilakukan oleh freash graduate karena tingkat risiko dari investasi ini yang cukup rendah. Keuntungan yang didapatkan dari surat utang ini adalah keuntungan berupa kupon dan hasil dari menjual surat utang tersebut.
  3. Deposito. Deposito adalah jenis tabungan yang bisa dilakukan di institusi perbankan. Investasi ini bisa dilakukan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan dan memiliki bunga yang lebih tinggi daripada melakukan tabangan biasa. Periode melakukan deposito ini bisa dilakukan selama 1,3,6, atau 12 bulan. Semakin panjang durasi deposito, keuntungan yang anda dapatkan juga makin besar.
  4. Emas. Emas adalah salah satu jenis investasi safe haven atau investasi yang memiliki tingkat risiko yang cukup rendah. Dengan rendahnya tingkat risiko, hal ini membuat investasi ini cocok dilakukan oleh fresh graduate. Investasi emas akan profitable jika sudah disimpan selama lebih dari 5 tahun, oleh karena itu investasi ini juga sering disebut sebagai investasi jangka panjang. Akan tetapi yang perlu diingat adalah tempat penyimpanannya karena emas cukup mudah dipindahkan.
  5. Reksa DanaReksa dana adalah investasi yang bisa dilakukan oleh para fresh graduate. Ketika melakukan reksa dana anda akan dibantu oleh Manajer investasi (MI) untuk mengatur portofolio investasi. Profil investasi juga bisa disesuaikan dengan kemampuan mereka.
Baca Juga  Wajib Disimak Untuk Fresh Graduate ! Cara Mengatur Keuanganmu
Berikut adalah 5 faktor yang mempengaruhi harga emas

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

4 tips mengelola keuangan ala Jepang

4 Tips Mengelola Keuangan Ala Jepang