in

5 Sifat yang Harus Dimiliki Agar Sukses Berinvestasi

5 pemikiran tentang keuangan yang harus dimiliki
Photo by Jason Strull on Unsplash

Semua orang pasti ingin sukses ketika melakukan investasi. Akan tetapi terkadang beberapa orang lupa memiliki sifat ini, padahal mereka sudah memiliki ilmu tentang investasi. Berikut adalah sifat yang harus dimiliki seorang investor agar sukses berinvestasi menurut koinworks.com.

5 Sifat yang Harus Dimiliki Agar Sukses Berinvestasi

  1. Rasionalitas. Rasionalitas atau sifat rasional adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang investor. Sebisa mungkin anda harus menghindari pendekatan secara emosional ketika melakukan investasi. Hal ini dikarenakan persentase kerugian akan meningkat juka anda berinvestasi menggunakan emosi anda. Selain itu anda juga harus mencoba untuk menghindari sifat agresif karena anda akan cendurung untuk menggunakan emosi.
  2. Optimisme. Optimisme juga adalah salah satu sifat yang harus dimiliki agar anda sukses berinvestasi. Anda harus memiliki sifat ini agar tidak mudah pesimis ketika suatu saat anda mengalami kesalahan ketika berinvestasi. Jika anda cepat pesimis, anda akan cendurung malas untuk mulai berinvestasi lagi. Oleh karena itu anda harus tetap optimis dan memiliki rasa percaya diri bahwa investasi yang anda lakukan akan berhasil.
  3. Sabar. Janganlah gegabah ketika berivestasi dan selalu mencoba untuk sabar. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang luar biasa jika anda tidak sabar ketika melakukan investasi. Jika anda tidak sabar, anda bisa melakukan kesalahan yang cukup fatal di saat pasar sedang ada pada fase fluktuatif. Oleh karena itu anda harus selalu sabar agar perspektif jangka panjang anda tetap terjaga.
  4. Fokus Terhadap Target. Anda harus tetap berjalan lurus menuju target. Sebisa mungkin hindarilah gangguan yang bisa membuat anda beralih dari investasi anda. Jika anda fokus terhadap target, anda juga lebih mudah untuk menentukanjenis investasi yang cocok dengan target anda. Oleh karena itu, fokuslah terhadap target anda agar target tersebut segera tercapai.
  5. Tenang.  Ketika anda melihat kegagalan di investasi, sebisa mungkin hadapi kegagalan tersebut dengan tenang. Anda juga harus bisa mengambil keputusan dengan tenang agar tidak mengulang kesalahan yang sama ketika berinvestasi. Sikap tenang adalah salah satu faktor krusial yang membawa keuntungan bagi investasi anda.
Baca Juga  5 Cara Menghasilkan Rupiah Tanpa Keluar Rumah
Pengaruh Inflasi terhadap nilai uang

Pengaruh Inflasi Terhadap Nilai Uang

Bisnis Cuan di Tengah Pandemi Covid-19 Versi Sandiaga Uno

Bisnis Cuan di Tengah Pandemi Covid-19 Versi Sandiaga Uno